Desa Boti Sekadau Hulu Peringati HUT RI ke-73

oleh

SEKADAU – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73, Pemerintah Desa Boti melaksanakan Upacara Bendera di lapangan bola dusun Boti Jum’at (17 /8 /18).

Upacara diikuti oleh aparatur Pemerintah desa Boti, siswa-siswi SDN 05 Boti, SMPN 11 Satap Boti, SMAN 2 Sekadau Hulu, Guru, BABINSA, PKK, Karang Taruna, PIK-R, KPMD, masyarakat Desa Boti.

Amanat inspektur upacara yang di sampaikan oleh Kepala Desa Boti Y. Sudarsono, S.Pd, mengajak semua unsur lapisan masyarakat Desa Boti untuk ambil bagian dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan status dan profesi masing-masing

Jangan selalu mengeluh, menggerutu dan bertanya apa yang negara berikan kepada kita (masyarakat. Red) tapi mulai hari ini, mulai detik ini, bertanyalah pada diri sendiri apa yang telah kita berikan kepada Negara dengan usia yang sudah 73 tahun merdeka,” ucapnya.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan ambil bagian, dengan cara mendukung dan berperan aktif dalam program-program yang di canangkan pemerintah pusat sampai ke pemerintah desa,” ajaknya.

Ketua panitia pelaksana HUT RI 73 Desa Boti, Andri Wanto dalam sambutannya juga mengucapkan terimaksih kepada semua unsur lapisan masyarakat yang ikut dalam upacara bendera di lapangan bola dusun Boti.

Keikut sertaan masyarakat, merupakan bentuk syukur atas kemerdekaan RI pada 73 tahun lalu yang telah di proklamirkan oleh Bung Karno dan Hatta. Kita patut berbangga hari ini bisa mengibarkan bendera Merah Putih dengan aman, nyaman, damai dan Khidmat berbeda dengan sebelum merdeka dimana para pejuang untuk mengibarkan bendera merah putih saja mengorbankan darah dan nyawa,” paparnya.

Dalam kesempatan upacara bendera ini, Pemdes Boti menyerahkan bantuan kepada masyarakat secara simbolis yakni, batuan sarana sanitasi bagi masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga, bantuan penyandang disabilitas dan bantuan lansia.

Selain itu, bantuan perlengkapan dan alat tulis sekolah kepada siswa-siswi SD dan SMP keluarga kurang mampu, bantuan persalinan kepada ibu hamil yang bersalin melalui fasilitas kesehatan dan bantuan RT fokus untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif masyarakat di tingkat RT.

Sekretaris desa Boti, Memak Filimon mengatakan, Penyerahan bantuan kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan dari Peraturan Desa Boti Nomor 2 tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Boti tahun 2018.

Disamping kegiatan Upacara Bendera, Panitia HUT RI ke-73 desa Boti juga menyelenggarkan serangkaian permainan rakyat. (AS)