Desa Nuak Bangun Jalan Dengan Memperkerjakan Warga

MELAWI – Pemerintah Desa Nanga Nuak, Ella Hilir, Melawi, Kalbar, dinilai memperhatikan kepentingan masyarakat. Pasalnya, melihat kondisi jalan warga di Dusun Nuak masih jalan tanah, kini diperbaiki menggunakan konstruksi rabat beton.

Pembangunan jalan konstruksi rabat beton warga itu pun mendapat sambutan positif warga setempat. Sebelumnya pada saat musim penghujan, kondisi jalan yang licin dan becek, sekarang sudah bagus membuat warga merasa nyaman melintasi jalan rabat beton yang panjangnya 160 Meter, lebar 1,5 Meter dan tebal 15 Cm itu.

Kepala Desa Nanga Nuak, Amri Idrus, mengatakan pembangunan infrastruktur jalan menggunakan rabat beton itu, memanfaatkan bantuan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) APBN 2018.

“DD sangat berdampak positif di desa, antara lain bidang infrastruktur semakin tahun semakin membaik,” ujarnya, kemarin

Dikatakan, pembangunan rabat beton ini juga bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja bagi warga Dusun Nuak, karena pekerjaan melibatkan warga setempat. Dia mengatakan, sebagai Kepala Desa akan lebih bijak lagi menggunakan DD demi kepentingan warganya.

“Pekerjaan itu memanfaatkan tenaga kerja lokal, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) yang juga diawasi Pendamping Desa (PD) dan Pendampingh Lokal Desa (PLD). Tujuan kegiatan PKT itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat, baik anak remaja, orang tua maupun wanita,” sebut Amri.

Kepala Dusun Nuak, Sandi Suhardi, menegaskan agar warga dapat bersama-sama memelihara dan menjaganya, sehingga jalan dapat dimanfaatkan lebih lama, karena manfaatnya untuk masyarakat setempat juga.

“Diharapkan, setelah dibangunnya jalan ini dapat memperlancar aktifitas warga, salah satunya saat pulang pergi anak sekolah, mengankut hasil pertanian, dan aktifitas lainnya,” ujarnya.

Pendamping Lokal Desa (PLD), Megawati, mengatakan dengan program PKT ini sangat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di desa. Megawati mengungkapkan, pengerjaan dari proyek PKT sendiri melibatkan warga setempat, agar bisa langsung dirasakan manfaatnya sesuai aturan Pemerintah Pusat.

Dari upah proyek PKT ini pun Megawati menjelaskan, masyarakat desa atau dusun setempat akan mendapatkan sumber pendapatan baru. Sehingga dari pendapatan tersebut bisa dipergunakan untuk keperluan sehari-hari, serta efek positifnya bisa menggerakkan perekonomian warga di desa atau pun di dusun setempat. (Ed/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.