Dewan Ajak Bersabar Tunggu Hasil Pemilu, Kapolres Apresiasi Situasi Kamtibmas di Melawi

Melawi-RK. Anggota DPRD Melawi, Malin mengajak seluruh warga masyarakat Melawi untuk kembali bersatu mempererat tali silaturahmi usai pesta demokrasi. Dia juga meminta semua pihak, baik pendukung Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga serta pendukung calon wakil rakyat, untuk bersabar menanti hasil perolehan suara.
Menurut Malin, proses pelaksanaan pemilu, secara sadar atau tidak membuat hubungan antar masyarakat sempat terganggu karena keberpihakan politik yang meliputi perbedaan pilihan. “Kita mengakui, diantara masyarakat memiliki pandangan politik maupun perbedaan pilihan adalah merupakan hal biasa diproses Pemilu,” ungkapnya, Selasa (23/4).
Lebih lanjut Malin mengatakan, Proses politik dalam pesta demokrasi, bertujuan untuk membangun situasi dan kondisi bangsa yang lebih baik. Bukan malah sebaliknya yakni memecah belah persatuan dan kesatuan.
Malin juga meminta agar masyarakat bersabar untuk mengetahui siapa pemenang dalam Pemilu ini, baik itu Pilpres maupun Pileg. Sebaiknya menunggu hasil perhitungan resmi atau real count KPU yang saat ini sedang dalam proses. “Jangan sampai ada tindakan-tindakan yang inkonstitusional dari pihak-pihak mana pun dalam menyikapi hasil Pemilu ini,” pesannya.
Malin menilai warga Melawi telah bersikap dewasa dalam menyikapi toleransi perbedaan hingga seluruh tahapan Pemilu berjalan aman, damai dan menyejukkan di Kabupaten Melawi. Ia kembali menegaskan, agar pendukung Capres-Cawapres dan calon wakil rakyat di Melawi untuk kembali menjalin silaturahmi, sehingga situasi Kamtibmas tetap kondusif dengan tidak membuat pernyataan atau juga tindakan yang memprovokasi massa.
Terpisah, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin mengatakan, Pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April 2019 di Melawi, Kalbar, berlangsung aman dan damai dengan tingkat partisipasi pemilih yang cukup baik pula. Dari segi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pun dinilai sangat kondusif dan teraman
“Kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2019 ini terwujud berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak, baik jajaran penyelenggara Pemilu, pemerintah, TNI, Polri dan para media serta tokoh masyarakat. Kami sebagai penanggung jawab keamanan di Kabupaten Melawi memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah menjaga stabilitas Kamtibmas selama tahapan Pemilu 2019 berlangsung,” ucapnya.
Lebih lanjut Ia mengingatkan, agar masyarakat tetap waspada terhadap hoaks yang akan memprovokasi tindakan inkonstitusional. Serta mari kembali bersatu sebagai saudara sebangsa setanah air dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan rukun serta harmonis dengan sesama.
“Yang lebih penting jangan melakukan tindakan perayaan kemenangan maupun demo kecurangan sambil menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU. Pertarungan Pemilu telah usai, mulai saat ini kita kembali bersatu untuk Bangsa. Segala bentuk perbedaan politik telah selesai, tetapi tali silaturahim tetap berlanjut,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.