Dewan Apresiasi Pemda Rutin Berikan Beasiswa ke Masyarakat

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang yang secara rutin memberikan beasiswa bagi masyarakatnya untuk menimba ilmu ke jenjang perguruan tinggi.

“Tentu ini salah satu cara Pemda Sintang untuk mewujudkan Visi sdan Misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang, yakni menciptakan masyarakat Bumi Senentang yang cerdas,” ujarnya, Selasa (9/4).

Apalagi kata Tuah, beasiswa ini rutin diberikan setiap tahunnya. Tentu dengan ini diharapkan dapat menciptakan bibit-bibit unggul yang ke depan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan Kabupaten Sintang.

“Tentu kita sangat mendukung sepenuhnya program ini. Diharapakan dengan beasiswa ini benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat kita untuk menimba ilmu sebaik mungkin, sehingga generasi penerus kita dapat bersaing dengan daerah lainnya,” katanya.

Hanya saja kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjaungan (PDIP) ini, Pemda benar-benar harus selektif dalam memilih, sehingga yang menerima beasiswa tersebut benar-benar orang yang tepat.

“Kita harapkan juga, setelah mereka menyelesaikan studinya nanti, agar dapat kembali ke Bumi Senentang untuk menerapkan ilmu yang selama ini mereka dapat dibangku kuliah. Intinya mengabdi untuk Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitqakan sebelumnya, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk mewujudkan masyarakat Bumi Senentang yang cerdas, sebagaimana yang tertuang dalam visi Bupati dan Wakil Bupati Sintang.

Salah satunya yakni Pemda konsisten setiap tahunnya menyiapkan program beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi. Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas.

“Pada tahun 2019, Pemda memberikan bantuan pendidikan kepada 18 orang anak. 3 kuota untuk Fakultas Kedokteran Untan Pontianak, 10 kuota di Politeknik Pembangunan Pertanian Magelang (Polbangtan) dan 5 kuota di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD),” ujar Sekda Sintang, Yosepha Hasnah saat memimpin rapat koordinasi bersama calon mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari Pemda Sintang beserta orang tuannya, di Ruang Rapat Setda Sintang, Senin (8/4).

Para peserta yang lulus seleksi, kata Sekda akan didanai seluruh biaya kuliahnya hingga selesai. Setelah lulus, mereka harus mengabdi selama beberapa tahun di Kabupaten Sintang.

“Sampai saat ini sudah ada 36 orang kita lulusan mahasiswa kedokteran. Semuanya sudah ditugaskan di puskesmas-puskesmas,” jelasnya.

Sekda juga mengatakan, bahwa proses seleksi beasiswa ini cukup ketat, jadi yang paling berprestasilah yang akan mendapatkannya. Pemda juga memeberikan syarat-syarat yang harus dipenuhi penerima beasiswa.

“Jadi seluruh biaya kuliah mereka sampai selesai itu akan dibiayai Pemda, dengan catatan mereka memenuhi persyaratan nilai dan tetap mempertahankan prestasi saat kuliah dan lulus tepat waktu,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.