Dewan Harapkan Penyelenggaraan Pemerintahan Kedepan Lebih Baik Lagi

SINTANG – DPRD Kabupaten Sintang berharap penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang kedepan lebih baik lagi. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sintang, Jumat (08/06/2018).

Pikahnya kata Jeffray telah menyampaikan Rekomendasi terhadapat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2017. Rekomendasi tersebut adalah bentuk dari fungsi pengawasan DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. Sebelumnya pihaknya telah melaksanakan rapat paripuna internal penyampaian panitia khusus (Pansus) terkait hasil pembahan materi LKPJ kepada DPRD Sintang.

“Hari ini kita sudah melaksanakan rapat Paripurna Istimewa dalam rangka penyampaian Rekomendasi DPRD, kita sudah melakukan pembahasan melalui pangsus dan pangsus melaporkan kepada DPRD melalui rapat paripurna internal. Dan hari ini sudah kita sampaikan kepada pemerintah daerah,” kata Jeffray

Beberapa Item dalam rekomendasi tersebut bersifat umum baik dibidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar. Dia mengatakan melalui rekomendasi tersebut pihaknya juga mempertanyakan apakah rekomendasi tahun lalu sudah dilaksanakan oleh pemerinta daerah .

“kita juga melakukan penilaian dan menanyakan apakah kegiatan tahun sebelumnya sudah sesuia dengan yang kita harapkan,” ujar Jeffray.

Pihaknya berharap rekomendasi DPRD ini dapat dilaksanakan dengan baik dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah supaya kedepan penyelenggaraan pemerintah dapat lebih baik . Pihaknya menilai capaian Pemerintah Daerah tahun 2017 sudah cukup baik, kendati demikian masih ada beberapa hal yang belum mencapai target dan perlu perbaikan kedepannya.

“Hal-hal yang kurang menjadi evaluasi kita bersama untuk kita perbaiki kedepan. PAD kita sudah cukup baik, namun perlu kita tingkatkan. Kita masih perlu menggali potensi yang dapat meningkatan PAD kita,” pungkas Jeffay.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan apresiasinya kepada DPRD Sintang atas kerja keras dan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggujawaban (LKPJ) Bupati Sintang tahun 2017. Jarot menilai rekomendasi dari wakil rakyat Sintang kali ini lebih beragam mulai dari berkaitan dengan akselererasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pembangunan infrastruktur dasar, dunia pendidikan dan kesehatan sertra rekomendasi terhadap perizinan tempat hiburan.

“Mereka merekomendasikan bagaimana PAD Sintang dapat meningkat kedepannya,” kata Jarot Usai mengahdiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sintang, Jumat (08/06/2018).

“semuanya kita apresiasi, semoga ini bisa mematangkan kinerja Pemerintah Kabupaten Sintang kedepan,” tambahnya.

Jarot juga menyampaikan dalam hal kinerja, kabupaten Sintang menempati posisi yang sangat baik yakni berada pada peringkat ke-114 dari 397 kabupaten. “ di Kalbar ini, Kabupaten Sintanglah yang punya kinerja paling baik,” imbuhnya.

“Dengan adanya masukan atau rekomendasi dari DPRD, mudah mudahan kinerja kita semua ini dapat lebih baik lagi,” pungkas Jarot. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.