Dewan Minta Bupati Mempertegas Kebijakan Umum

SINTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menilai arah kebijakan umum pemerintah daerah telah berjalan dengan baik, kendati demikian dalam pelaksanaan visi dan misi serta program rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sintang agar adanya penekanan yang lebih dipertegas, terinci, terarah dan terukur, sehingga mempermudah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sintang.

Menurut Ketua Panitia Khusus DPRD Sintang yang menindaklanjuti Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Sintang Tahun 2018 Heri Jambri mengatakan bahwa, pihaknya telah membahas LKPj Bupati Sintang tahun 2018 melalui rapat kerja bersama seluruh organisasi perangkat daerah.

Panitia Khusus telah melakukan penajaman, penilaian, penjelasan, dan tela’ah terhadap materi dan substansi laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Sintang tahun 2018 dengan mencakup tiga prioritas pembangunan daerah yakni peningkatan kesejahteraan sosial, optimalisasi infrastruktur dasar dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

“Ketiga prioritas yang dijabarkan dalam program-program dan kegiatan-kegiatan pembangunan tersebut, telah terealisasi pada tahun anggaran 2018 secara optimal, tepat sasaran, dan tepat tujuan, sebagaimana telah termuat dalam laporan keterangan pertanggungjawaban saudara Bupati Sintang” kata Heri Jambri.

Lanjut Heri, dari kajian yang sudah lakukan, arah kebijakan umum pemerintah daerah telah berjalan dengan baik, namun itu tadi, harus adanya penekanan yang lebih dipertegas, terinci, terarah dan terukur, sehingga mempermudah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sintang, ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengapresiasi penilaian LKPj dari DPRD Sintang melalui Pansus DPRD. Jarot mengatakan capaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama pihaknya dengan lembaga legislatif. Sentral Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang tahun 2018 adalah “peningkatan kesejahteraan sosial melalui pemerataan infrastruktur dasar dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah”.

“Berdasarkan tema tersebut, maka prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang tahun 2018, sebagai berikut, pertama peningkatan kesejahteraan sosial, terdiri atas 14 (empat belas) program prioritas,
Kedua, pemerataan infrastruktur dasar, terdiri atas 14 (empat belas) program prioritas, Serta ketiga, optimalisasi pengelolaan keuangan daerah, terdiri atas 1 (satu) program prioritas,” kata Jarot. (TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.