Dewan Minta Masyarakat Luangkan Waktu Untuk Mencoblos

SINTANG – Pesata Demokrasi 2019 tinggal menghitung hari lagi, berbagai persiapan terus dilakukan panitia penyelenggara dan instansi terkait agar dapat berjalan aman dan damai.

Begitu juga seluruh elemen masyarakat, diharap dapat turut menyukseskan Pemilu 2019 ini, dengan menjaga kamtibmas, dan tentunya tidak Golput, mengingat indikator sukses Pemilu di Sintang seperti yang disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno yakni sedikitnya 78 persen partisipasi pemilih.

Oleh karena itu, anggota DPRD Sintang, Welbertus meminta masyarakat Kabupaten Sintang tidak Golput, karena menurutnya satu suara sangat penting dalam menentukan nasib bangsa ke depan.

“17 April 2019 adalah hari yang ditunggu-tunggu agar rakyat dapat menyalurkan hak politiknya untuk memilih sosok pemimpin yang berkualitas. Jadi jangan sampai Golput,” ujarnya, kemarin.

Lantaran bertepatan dengan hari raya Paskah 2019, Welbertus berharap masyarakat khususnya umat Kristiani untuk menunda liburannya dulu. Maka dari itu ia meminta kalau bisa nyoblos dulu baru liburan.

“Jadi jangan sia-siakan hak pilih kita masing-masing, pergunakan hak suara kita,” pintanya.

Selain itu, Welbertus menilai KPU sebagai penyelenggara pemilu diharapkan dapat melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Misalnya dengan melakukan imbauan melalui sejumlah media, seperti media cetak, elektronik, radio, dan medsos.

“Langkah itu penting untuk dilakukan, sebab tidak semua masyarakat kita mengetahui tata cara memilih pada Pemilu 2019,” jelasnya.

Khususnya di wilayah pedalaman. Apalagi kata Welbertus masyarakat akan dihadapkan dengan lima jenis surat suara. Tentunya ini merupakan hal yang baru bagi mereka.

“Kalau bisa ada sesuatu unik dan menarik, sehingga membuat orang tertarik untuk datang ke TPS masing-masing,” katanya.

Welbertus juga meminta, KPU mesti dapat memaksimalkan petugasnya di lapangan, sehingga dapat menggerakkan rakyat untuk turun ke TPS dan menyalurkan hak politiknya pada Pemilu 2019.

“Kita berterimakasih, sejauh ini KPU sudah bekerja maksimal terkait dengan tahapan yang ada. Mudahan ini berlangsung hingga selesai nanti, agar Pesta Demokrasi kita berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.