Dewan Minta Pemkab Sintang Terus Aktif Untuk Realisasikan Pembangunan PLBN Sungai Kelik

oleh
oleh
Julian Sahri

SINTANG – Anggota DPRD Sintang Julian Sahri, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang terus melakukan upaya-upaya agar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik segera terealisasi, karena memang sudah sangat lama sekali wacana tersebut digaungkan.

“Kami sebagai dewan, dari beberapa tahun yang lalu sudah mendorong agar pemerintah tetap terus melakukan berbagai upaya, supaya ini PLBN ini dapat segera terwujud,” ujarnya, Jumat (22/3/2019).

Bahkan, diharapkannya PLBN Sungai Kelik ini bisa menjadi prioritas utama Pemda Sintang untuk dapat diwujudkan. Karena menurutnya, PLBN ini akan sangat membantu sekali utuk mendongkrak berbagai sektor yang dapat menguntungkan, baik untuk pemerintah maupun masyarakat.

“Terutama disektor ekonomi dan lain sebagainya. Dari itu pemerintah mesti proaktif, agar PLBN ini benar-benar dapat terwujud sesuai yang kita inginkan,” harapnya.

Julian juga mengakui, bahwa selama ini peran Pemda Sintang memang juga sudah sangat luar biasa sekali untuk mewujudkan PLBN Sungai Kelik ini. Berbagai upaya telah dilakukan, namun semua itu diharapkannya mesti terus dilakukan.

“Upaya yang dilakukan Pemda sudah terlihat, dengan sudah didapatkan titik terang untuk pembangunannya, karena sudah diakomodir oleh Pemerintah Pusat (Pempus). Namun perjuangan mesti terus ditingkatkan lagi, agar segera terealisasi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa telah dikeluarkannya Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN. Termasuk salah satunya PLBN Sungai Kelik. Maka dari itu, tahun 2019 ini, Pempus telah mengalokasikan anggaran Rp129 miliar untuk pembangunan PLBN.

Tak hanya dari Pempus, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar juga tak tinggal diam, dimana telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk membangun ruas jalan yang dimulai dari Sintang. (SP)