Dewan Minta Pemkab Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

SINTANG – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Markus Jembari mengatakan dalam Penyelenggaraan urusan pemerintah daerah setidakanya ada tiga hal yang harus dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Sintang dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Pertama pemerintah daerah perlu memberdayakan dan mengembangkan kelompok-kelompok home industri berupa aneka makanan , kerajian tangan maupun souvenir sebagai buah tangan (oleh-oleh) yang merupakan ciri khas Kabupaten Sintang.

“ini perlu menjadi pertimbangan pemerintah daerah, dalam realisasinya tentu harus disertai pembinaan yang berkelanjutan dan penyertaan bantuan modal bergulir melalui Usaha Kecil Mikro Menengah,” kata Markus.

Lanjut Markus, Pemerintah Kabupaten Sintang diminta untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada perkebunan khususnya pembagian hasil sawit kepada petani, dengan melakukan pendampingan dan meninjau ulang pola kemitraan yang dikelola oleh Perusahaan perkebunan .

“Pola kemitraan yang jelas tidak akan merugikan kedua belah pihak, dan itu perlu diperhatikan,” pintanya.

Tak hanya pengawasan, Markus juga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang melalui TPSK, untuk lebih meningkatkan koordinasi, evaluasi secara berkala dan pengawasan terhadap perusahaan perkebunan agar SKPD terkait segera melakukan pendataan dan pemetaan terhadap seluruh perusahaan yang berada di Kabupaten Sintang.

“Jangan sampai investor ini tidak ada kontribusi bagi pembangunan daerah kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, pihaknya menyambut baik usulan tersebut. Apa lagi hal tersebut merupakan saran dan masukan kebijakan yang penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan tugas tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sintang di masa yang akan datang. (TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.