Dewan Minta Pempus Aktifkan Jembatan Timbang

SINTANG – Seluruh jembatan timbang yang berada di Provinsi maupun Kabupaten kini asetnya sudah diambil alih oleh pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan RI, namun semenjak diserahkan ke pusat jembatan timbang tidak lagi berfungsi.

Seperti misalnya Jembatan Timbang Sintang yang berada di Sungai Ukoi, Kecamatan Sungai Tebelian sudah lebih dari satu tahun tidak pernah lagi beroperasi. Kendaraan pun bebas melintas tanpa ada pemeriksaan kapasitas atau tonase.

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward berharap keberadaan jembatan timbang tersebut dapat difungsikan kembali sesuai dengan peruntukannya.

“Kita sangat menyayangkan dengan tidak berpungsinya jembatan timbang tersebut, karena keberadaan jembatan timbang tersebut sangat penting untuk mengontrol muatan” terang Jeffray.

Lanjut Jeffray, hal ini dilakukan guna melihat gelagat angkutan barang dalam berlalu lintas dijalan serta memantau tren kelebihan muatan, kalau tidak ada jembatan timbang pasti kita ini akan ugal ugalan membawa muatan, yang penting truk masih mampu mengangkut.

“Dengan adanya jembatan timbang diharapkan mampu memantau truk-truk yang bermuatan overload, tujuan akhirnya agar jalan tetap awet serta menghindari kecelakaan yang tidak diharapkan dari muatan yang berlebih” jelas politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu kata Jeffray, lalu lintas barang perlu diawasi tonasenya dan jenis barangnya. guna menghindari truk memuat barang yang tidak diijinkan, jadi dengan adanya jembatan timbang paling tidak petugas dilapangan akan curiga terlebih dahulu jika truk tidak mau masuk jembatan timbang, pasti ada apa-apanya, sehingga fungsi jembatan timbang ini juga sebagai pengawas pertama terhadap muatan barang di jalan raya agar tindak kriminal dapat di minimalkan, pungkas Jeffray. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.