Dewan Siap Pantau Perekrutan Guru Kontrak

SINTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menegaskan bahwa pihaknya akan memantau jalannya perekrutan Guru Kontrak di Kabupaten Sintang. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida ketika ditemui beberapa waktu lalu.

“Jika perekrutan Guru Kontrak dibuka maka kita akan lakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perekrutan tersebut. Intinya, perekrutan tersebut harus dilakukan sesuai aturan,” ujarnya.

Herimaturida memaparkan perekrutan Guru Kontrak harus melihat juga masa kerja tenaga guru honor terlebih yang sudah mengabdi daerah pedalaman dan daerah perbatasan.

“Jika diutamakan masa kerja maka harus dilihat dengan benar. Intinya semua harus dilakukan dengan transparan dan tidak menyalahi aturan yang ada,” ucapnya.

Ketua Komisi C Kabupaten Sintang, Herimaturida mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang untuk mempertanyakan perekrutan guru kontrak yang hingga saat ini belum juga dilaksanakan.

“Kita sudah mempertanyakan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, beliau mengatakan akhir bulan Mei ini namun itu juga belum dapat dipastikan,” tuturnya.

Terkendalinya perekrutan tersebut, lanjut Herimaturida, dikarenakan beberapa hal seperti pemetaan daerah dan kuota guru yang diperlukan serta anggaran yang tersedia untuk menggaji guru kontrak tersebut.

“Sampai saat ini, kami belum menerima dan tahu berapa kuota yang akan direkrut, itu masih dibahas secara internal di Dinas terkait. Selain itu, kuota tersebut juga harus disesuaikan dengan anggaran yang ada,” katanya.

Herimaturida menegaskan bahwa pihaknya terus mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang untuk segera melakukan perekrutan guru kontrak karena hal tersebut merupakan hal yang cukup mendesak mengingat sejumlah daerah yang masih memerlukan guru.

“Jika sampai akhir bulan Mei ini masih belum dilaksanakan akan kita terus. Namun, jika sampai saat Bulan Juni belum ada kepastian, kita akan menyikapinya. Akan kita gelar rapat kerja dengan memanggil Dinas terkait,” tukasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.