Disdik Sintang Gelar LDK Tingkat SMP

oleh
oleh
LDK Tingkat SMP di Kabupaten Sintang

SINTANG KOTA – Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum Marcheus Afen membuka Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula Cadika Sintang, Senin ( 15/10/2018)

Hadir di kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang,Kepala BNN Kabupaten Sintang, Kapolres Sintang, beserta Para Kepala Sekolah Tingkat (SMP) Kabupaten Sintang
Kegiatan tersebut mengusung tema “Mempersiapkan Peserta Didik Menjadi Pemimpin Masa Depan Yang Cerdas,Jujur,Serta Berkarakter”.

Dalam sambutannya, Marcheus Afen menghimbau kepada para peserta Pelatihan Dasar Kepemimpinan,” pemimpin ialah seseorang yang memeiliki kecakapan dan kelebihan, sehingga mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama”

“Fungsi utamanya adalah membantu kelompok untuk belajar memutuskan dan bekerja lebih efisen, yang dapat memberikan bantuan dan terciptanya iklim sosial yang baik dalam berorganisasi di lingkungan sekolah, kepemimpinan yang efektif ialah berpikir berdasarkan misi organisasi,yang menegakan secara jelas aturan –aturan yang ada dalam organisasi, menyusun dan menjalankan tugas serta mengevaluasi kegiatan,mengatur waktu, sebagai penengah serta mediator dan berani mengambil keputusan” jelas Afen.

Lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan ini kriteria seorang pemimpin yaitu, komponen penting dan menentukan keberhasilan tersebut adalah pemimpin.

“Melalui organisasi, para pelajar berlatih dan dituntut untuk mampu bekerja sama dengan orang lain. Artinya, mampu dan tahu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama, berhasil atau tidaknya sebuah organisasi juga sangat ditentukan oleh berbagai komponen dalam sebuah organisasi, terang Afen.

Sementar itu Yustinus, Sekretaris Dinas Pendidikan dan juga sebagai ketua panitia penyelengara juga menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan.

Adapun tujuan tersebut ialah meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan, meningkatkan dan mengembankan serta meperluas wawasan dalam melaksanakan tugas –tugas kepemimpinan, memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik mendorong, membimbing,serta mengarahkan potensi kepemimpinan, memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan prilaku, kepribadian, budi pekerti,sopan santun dan disiplin.

Pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan pengurus Osis Smp Kabupaten Sintang Tahun 2018 dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 -16 Oktober 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 55 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sintang. (EK/DD)