Diskusmdag Akan Bangun Dua Pasar Rakyat

MELAWI- Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskukmdag) Melawi Alexander mengungkapkan,Tahun 2018 ini Pemerintah Daerah Melawi akan membangun dua pasar rakyat. Pasar rakyat terpadu berlokasi jalan markasan Pasar Sayur Nanga Pinoh dan pasar rakyat di eks kecamatan.

“Nantinya pasar yang lama akan di bongkar. Kemudian bangunan sekolah SD 5 dan SD 11 masih menunggu dari Dinas Pendidikan untuk melakukan pembongkaran.Artinya di daerah jalan masrkasan ada empat unit pasar yakni ,pasar buah, pasar daging , pasar sayur termasuk pasar sembako,” Kata Alex, kemarin.

Lebih lanjut Alex menjelaskan pasar rakyat terpadu yang akan dibangun dijalan masrkasan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (Dak) 2018 sebesar 4 Milyar lebih, “Tak hanya pembangunan pasar rakyat terpadu Nantinya juga Melawi mendapatkan tugas pembantuan dari kementrian perdagangan dengan alokasi dana 6 milyar di Tahun 2018 ini sesuai peraturan mentri perdagangan nomor 35 Tahun 2018,” paparnya.

Alexmengatakan, Dana dari kementrian sebesar 6 Milyar tersebut, rencananya akan membangun pasar rakyat yang berelokasi mulai dari eks kantor camat mulai dari samping BPD sampai keatas. “Kemudian Kios pasar yang dekat dengan Pasar kuliner kecamatan sebelah kiri akan di ajuhkan kepada Bupati Melawi untuk di bongkar.Nantinya lahan tersebut di manfaatkan untuk parkir.Karna pasar tersebut di bangun dengan dana APBD Melawi,” katanya.

Alex menuturkan,nantinya setelah kios-kios tersebut di bongkar para pedagang akan akan dipindahkan, setelah pasar rakyat sudah selesai, “Pasar rakyat berada di eks kantor camat kurang lebih 65 kali 25.Produk dan desain dari kementrian perdagangan yang sudah baku seindonesia sama bentuknya,” ujarnya.

Untuk tugas pembantu kementrian perdagangan saat ini sedang proses berjalan.Administrasi juga sudah dilakukan.Tinggal menunggu jadwal dari kementrian perdagangan untuk melakukan review tentang persiapan pembangunan pasar rakyat. “Ya,Ada dua pasar rakyat yang akan dibangun di Tahun 2018 ini.Pasar rakyat terpadu Jalan markasan dan pasar rakyat di eks kantor camat,” katanya.

Alex Juga menyampaikan, Terkait pembangunan pasar yang berada di jalan markasan pelaksanaan pembangunan menunggu APBD Melawi.setelah selesai baru bisa melakukan proses tender .Karna dana DAK masuk kedalam batang tubuh APBD Melawi , “Sebenarnya kalau APBD Melawi sudah pinal bulan februari akhir februari atau maret sudah tender kita,” pungkasnya. (edi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.