Dua Komandan Satuan Dari Kodam XII Tanjungpura Raih Nilai Sepuluh Teratas Pada Kesegaran Jasmani di Jabar

oleh
oleh

PONTIANAK – Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos membenarkan bahwa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) saat ini sedang melaksanakan Rapat Pembinaan Teknis Kecabangan (Rabiniscab) Tahun 2018 yang digelar di Pusat Pendidikan Kavaleri Kodiklatad Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI AD (Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad) Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, termasuk diikuti oleh para Komandan Satuan jajaran Kodam XII/Tanjungpura.

Dalam kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) yang dibuka langsung oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono, bertujuan untuk terwujudnya kesiapan operasional satuan yang optimal, serta prajurit-prajurit yang profesional, yaitu prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima, maka dihadiri para Komandan Satuan termasuk para Dansat dari jajaran Kodam XII/Tanjungpura, ujar Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, di Media Center Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Teuku Umar, No 47 Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa(13/3/2018).

Kemarin, seluruh peserta apel Dansat melakukan Kesegaran Jasmani. Karena, kata Kapendam, Kesegaran Jasmani yang prima bagi anggota TNI AD sangat mutlak diperlukan terutama bagi para Dansat untuk mendukung kesiapan fisik dalam melaksanakan tugas pokok. Dari fisik yang prima inilah diharapkan nantinya akan terlahir gagasan-gagasan baru yang lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembinaan satuan dan penyelenggaraan kepemimpinan di lapangan.

“Ya Alhamdulillah dalam tes Kesegaran Jasmani “A” yaitu lari 3200 M, dan “B” yang dilaksanakan di lapangan Yudha Wastu Pramuka Daerah latihan Pusdikif Cipatat Bandung, Jawa Barat, peserta apel Dansat dari jajaran Kodam XII/Tanjungpura mendapatkan peringkat “Nilai Sepuluh Teratas” dari seluruh peserta apel Dansat se-Indonesia, yaitu diraih oleh Komandan Batalyon (Danyon) Zipur 6/Satya Digdaya Mayor Czi Akhmad Safari, SH peringkat ke 7 dengan nilai 96,00, dan Lettu Infanteri Demianus dari Batalyon Infanteri RK 644/Walet Sakti, peringkat ke 8 dengan nilai 95,50, “tegas Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti.

Kodam XII/Tanjungpura juga merasa bangga dan memberi apresiasi, kepada peserta apel Dansat yang ditujukan kepada Mayor Czi Akhmad Safari dan Lettu Infanteri Demianus yang telah membawa nama baik Kodam XII/Tanjungpura, telah menunjukan keseriusan dan mengerahkan kemampuannya dalam kegiatan apel Dansat.

“Berbekal kesegaran Jasmani yaitu fisik yang prima, selain mampu memberikan contoh dan tauladan bagi anggotanya, seorang Dansat dituntut pula untuk selalu bisa mengevaluasi kinerja satuan dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang komplek dan terus berkembang,” pungkas Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti. (Pdm)