Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sekadau Peringati Hari Kartini

SEKADAU – Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sekadau peringati Hari Kartini ke – 139 dengan Tema, “Meningkatkan Kwalitas Pemberdayaan Perempuan dengan Semangat Kartini” di gedung Kateketik Jalan Merdeka Selatan Sekadau, Sabtu (21/4/18).

Sambutan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau, Ibu Vixima Heri Supriyanti Aloysius, A.Md katakan, selain memperingati Hari Kartini juga ada kegiatan perlombaan Tata boga dan Lomba Tata Rias.

Berkaitan dengan Hari Kartini kata dia, kita sangat menghormati apa yang telah Kartini lakukan dahulu, dia berpenampilan sederhana namun mempunyai pikiran-pikiran yang luar biasa. Wanita Indonesia saat ini juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri menuntut ilmu yang setinggi – tingginya, berperan aktif dalam organisasi dan dibidang politik.

“Saat ini banyak wanita yang menjadi Jaksa, Hakim Polisi, dokter, Manajer, Direktur, dibidang politik Indonesia pernah memiliki Presiden dan Wakil Presiden wanita, Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota, DPR, Camat dan Kepala Desa dan masih banyak lainnya,” ujar Ketua GOW Kabupaten Sekadau yang juga Istri Wakil Bupati Sekadau Aloysius.

Sambutan Penasehat GOW Kabupaten Sekadau Ibu Kristina Rupinus, mengucapkan terimakasih kepada Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten yang telah mengadakan acara dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini oleh GOW Kabupaten Sekadau dengan Tema, “Meningkatkan Kwalitas Pemberdayaan Perempuan dengan Semangat Kartini” sangat relevan dengan kondisi aktual saat ini dimana perempuan dituntut memiliki daya cifta dalam mendukung ekonomi keluarga. Perempuan diharapkan mampu menciptakan hal-hal baru dalam kehidupan bangsa.

Sebagai wanita kita harus mengambil contoh dari sikap Kartini yang sangat pengasih baik dengan keluarga maupun anak-anak. Kita sebagai perempuan juga punya kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk ambil bagian dalam pembangunan.

“Sebagai Wanita kita harus pandai menempatkan diri, keikutsertaannya dalam pembangunan nasional dengan tidak mengurangi kodratnya sebagai Ibu rumah tangga dan sebagai abdi masyarakat,”ujar Ibu Kristina yang juga Istri Bupati Sekadau Rupinus.

Sambutan Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si yang sekaligus membuka acara peringatan Hari Kartini oleh GOW Kabupaten Sekadau katakan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

Maka, dengan kemampuan ini pula yang mendasari RA Kartini memperjuangkan hak perempuan sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita,” ucapnya.

Namun, dalam realitanya sering terjadi bias gender, banyak pemahaman yang keliru bahwa kebebasan dan kesetaraan gender itu mengharuskan perempuan beraktivitas diluar rumah,” pungkasnya.

“Oleh karna itu dibutuhkan kearifan dari kita semua untuk memberikan pemahaman dalam konteks yang lebih luas tentang tugas seorang perempuan secara kodrati,” tuturnya.

Dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Sekadau khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak antara lain, bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan Ibu dan anak, menurunkan angka kematian Ibu melahirkan (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

“Kita semua berharap, peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Sekadau,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si, Sekda Kabupaten Sekadau H Zakaria Umar, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Para undangan dan seluruh anggota GOW yang hadir. (AS /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.