Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau Siap Dilaksanakan Tanggal 16-21 Juli 2018

SEKADAU – Minggu tanggal 15 Juli 2018, Bupati sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si, DANDIM 1204 Sanggau-Sekadau, Waka Polres Sekadau, KORAMIL, Kapolsek Sekadau Hilir bersama Panitia Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau geladi resik persiapan pembukaan Gawai Dayak yang akan dimukai besok tanggal 16 – 21 Juli 2018.

Ketua Panitia Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau, Gunawan, S. Pd katakan pembukaan Gawai Dayak IX besok siang pukul 11.00 wiba sampai selesai.

Sore ini persiapan kita sudah 98 persen dan besok pagi kita sudah 100 persen dan kita sudah siap melaksanakan pembukaan Gawai Dayak,” kata Gunawan.

Dalam Pekan Gawai Dayak IX (PGD) Kabupaten Sekadau ini ia katakan tidak pawai keliling kota karna berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah dukungan dari peserta PGD tidak maksimal. Yang ikut pawai hanya beberapa mobil kontingen dan pesertanya juga tidak full,” ucapnya.

“Namun demikian, bukan berarti PGD kita tahun ini tidak meriah. Kita sudah promosi melalui media masa maupun lewat radio,” ujar Gunawan.

Prosesi acara pembukaan Gawai Dayak besok pagi setelah penyambutan tamu, dilanjutkan dengan defile masing-masing kontingen untuk menampilkan kearifan budaya lokalnya dan defile itu sendiri ada penilaian,” jelasnya.

Gunawan mengatakan, setelah defile selesai dilanjutkan dengan prosesi antar benih atau nikek durung. untuk PGD IX Kabupaten Sekadau tahun ini mulai dari prosesi penyambutan tamu, antar benih atau nikek durung, prosesi makan bersama atau makai banyau sampai penutupan Gawai Dayak menggunakan prosesi sub suku dayak mualang.

Undangan PGD IX Kabupaten Sekadau 2018 ini sebanyak 500 undangan termasuk undangan untuk Presiden Dayak atau Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Bapak Cornelis,” kata Gunawan. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.