Jeffray: Gempa di Kelam, Warga Diminta Tak Panik

oleh
oleh
Jeffray Edward

SINTANG – Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengatakan sepengetahuannya baru kali ini terjadi gempa bumi di Sintang. Dari itu ia berharap masyarakat berhat-hati dan selalu waspada. Terutama warga yang ada di bukit kelam.

“Selama ini yang saya tahu di sana hanya longsor batu-batuan dari atas bukit kelam. Tidak pernah ada gempa,” katanya.

Ia juga berharap, BKSDA Sintang sebagai pengelolah Bukit Kelam dapat memberikan imbauan dengan kondisi yang ada seperti sekarang ini, supaya tidak ada aktifitas memanjat bukit untuk sementara waktu.

“Tentu itu untuk keselamatan juga. Jadi jangan sampailah ada aktifitas memanjat dulu, hindari itu kalau bisa,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno membenarkan bahwa telah terjadi gempa bumi di Bukit Kelam. Setelah dirinya melakukan koordinasi dengan Kepala BMKG Sintang.

“Kita harapkan masyarakat tetap waspada. Kalau terjadi gempa seperti itu, langkah penyelamatan diri mesti di tingkatkan. Dengan keluar dari rumah,” ujarnya melalui via telefon.

Jarot juga mengimbau kepada masyarakat jangan sampai panik. Selalau siaga dengan bencana alam yang terjadi. Sehingga dengan begitu dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita harapkan dengan kejadian ini tidak berdampak besar. Mudahan semuanya baik-baik saja,” pungkasnya.

Menurut informasi resmi BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Balikpapan bahwa episentermi terletak pada koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 48.63 km Timur Laut Sintang-Kalimantan Barat pada kedalaman 5 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,”jelas Mudjianto.

Mudjianto menyebut, dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan I-II MMI i wilayah Objek Wisata Bukit Kelam, Kecamatan Kelam Permai, di Kabupaten Sintang-Kalimantan Barat.

Menurutnya, di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. “Masyarakat diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.(Net)