Generasi Muda Harus Bijak Gunakan Sosmed

SINTANG – Era globalisasi memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan sosial masyarakat terlebih lagi dengan mudahnya akses internet yang dapat menyebabkan mudahnya penyebaran informasi salah satunya menggunakan media sosial.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward berharap masyarakat khususnya generasi muda untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, mudahnya pengaksesan media sosial yang mempermudah komunikasi dengan sesama dari seluruh belahan dunia juga akan berdampak negatif jika tidak digunakan dengan baik.

“Media sosial bukan hal yang baru terlebih lagi bagi generasi muda. Akses Internet yang sudah cukup lancar mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan siapapun dan tak sedikit pula yang menggunakan hal tersebut untuk hal-hal negatif, itu yang harus kita waspadai dan hindari,” ujarnya belum lama ini.

Jeffray mengingatkan penyalahgunaan media sosial akan merugikan dirinya sendiri namun juga bagi orang lain sehingga perlu kecerdasan dalam menggunakan hal tersebut.

“Jika salah bermedia sosial maka banyak hal yang merugikan. Harus pintar dalam manfaatkan IT untuk komunikasi sehingga bisa menghasilkan hal yang produktif, kreatif dan inovatif yang dapatembantu peningkatan mutu generasi milineal,” ucapnya.

Jeffray juga mengaku sangat mendukung adanya UU ITE, masyarakat harus dapat memahami adanya batasan dalam penggunaan ITE sehingga dampak negatif yang disebabkan oleh mudahnya akses tersebut dapat diminimalisir.

“Jika tidak ada yang membatasi, maka akan melampaui batas, akan ada banyak orang yang dirugikan yang dikarenakan ITE salah satunya adalah mudahnya penyebaran berita HOAX dan pembullyan dari media sosial,” tuturnya.

Politisi dari PDI- Perjuangan ini berharap seluruh pihak khususnya orang tua dapat berperan aktif dalam mengawasi kemudahan akses media sosial.

“Orang tua, pemuka agama dan lingkungan merupakan bagian penting dalam pengawasan penggunaan media sosial sehingga tidak menimbulkan dampak negatif,” tukasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.