Hadiri Sertijab Camat Sungai Tebelian, Asisten I Minta Camat Cepat Lakukan Konsulidasi

INTANG, KN – Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, menghadiri acara serah terima jabatan Camat Sungai Tebelian dari Bernhad Saragih, kepada Ramli Andoi, di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Tebelian, Senin (13/1/2020).

Hadir dalam acara tersebut Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Zulkarnaen, Kepala BKPSDM Palentinus, Kabag Tapem, unsur Forkopimcam Tebelian dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Yasser Arafat mengatakan pengambilan sumpah janji jabatan ataupun mutasi ataupun perpindahan alih tugas di lingkungan Aparatur Sipil Negara khusunya di lingkungan Pemkab Sintang itu hal yang lumrah atau biasa bahkan hal yang normal terjadi di organisasi pemerintahan, dan hal itu merupakan pembinaan dari kepegawaian.

Karena itulah atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat bertugas kepada Camat Sungai Tebelian yang baru yakni Ramli Andoi, dan selamat juga kepada Camat Tebelian yang lama yakni Bernhad Saragih yang sudah mendapat promosi jabatan sebagai Kepala BPBD Kabupaten Sintang, karena ikut seleksi Jabatan Tinggi Pratama beberpa waktu lalu dan lulus.

“Termasuk salah satu yang mengalami pergeseran, mutasi dan segala macam adalah di jabatan administrator, dalam hal ini adalah camat dan sekcam. Karena tanggal 6 dan 7 Januari kemarin sudah di lakukan pelantikan oleh pak bupati baik itu pejabat pimpinan tinggi pratama dan jabatan administrator serta pengawas”terang Yasser.

Yasser pun menjelaskan bahwa secara khusus jabatan administrator Camat punya kekhasan tersendiri, karena pada saat rencana adanya penghapusan jabatan struktural esselon III oleh Kementrian PANRB, yang paling aman pertama itu adalah jabatan Camat yang jabatan esselon III yang tidak di hapus.

“Itu artinya kedudukan camat sangatlah penting. Sehingga yang paling aman pertama adalah camat. Waktu itu yang lain sudah siap hengkang. Kepala bagian, sekretaris dinas dan badan, kepala bidang bakal di hilangkan, waktu surat edaran pertama, tapi sekarang berubah lagi, ternyata nda jadi. Namun ada beberapa saja yang di hapus”jelas Yasser.

Selain punya khasan tersendiri dalam hal jabatan, kata Yasser, Camat itu mempunyai wilayah kerja dan di batasi oleh wilayah kerja serta mempunyai fungsi koordinasi. Karena itulah di dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 Camat adalah Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan atau Forkopimcam. Selanjutkan, Camat itu juga berbeda dengan jabatan lainnya, dimana selain menjalankan tugas-tugas atributif, juga menjalankan tugas-tugas delegatif atau menerima pelimpahan, bukan hanya dari Bupati bahkan dari Presiden bisa Camat menerima pelimpahan kewenangan terutama penyelenggaraan pemerintahan umum.

“Waktu saya masih jadi Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Sintang yang juga sekaligus mitra kerja camat-camat, dari laporan-laporan yang masuk, salah satu kecamatan yang paling tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan adalah Kecamatan Sungai Tebelian. Laporan-laporan tertib nda pernah telat”ujar Yasser.

Untuk itulah Yasser meminta Camat yang baru untuk segera bergerak kerja, segera lakukan konsolidasi baik diinternal maupun eksternal, karena tugas nasional sudah di depan mata yakni Pilkada serentak dan Pilkades nantinya, bukalah ruang dialog dan komunikasi dengan seluruh komponen yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian.

“Apalagi pesan pak bupati kemarin waktu pelantikan, handphone terutama Whatssap itu jangan tidak aktif, siapapun yang minta konsultasi, arahan, atau memberikan masukan dan hal lainya, di balas. Jangan di diamkan” pungkas Yasser.

Sementara itu, Camat Sungai Tebelian yang baru, Ramli Andoi meminta dukungan dari seluruh stakeholder di Kecamatan Sungai Tebelian baik itu anggota Forkopimcam, instansi vertikal dan daerah, Kepala Desa dan perangkat desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat bahkan masyarakat dan lainnya dalam menjalankan tugasnya sebagai Camat.

“karena tugas camat ini cukup luas, saya mohon dukungan dari seluruh stakeholder yang ada di kecamatan sungai tebelian ini. Untuk itulah saya akan segera melakukan konsolidasi baik diinternal maupun eksternal, terkait penyususan APBDes 2020 karena selama saya di bagian keuangan APBDes sering telat di selesaikan” jelas Ramli

Selain itu juga tambah Ramli, beberapa tugas yang harus segera di kerjakan seperti terkait Musrenbang desa maupun kecamatan, pelaksanaan Pilkada dan Pilkades 2020 ini dan masih banyak lagi pekerjaan lainnya yang menjadi terget kedepannya, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.