Hari Jadi Sintang Ke-656, Bupati Sintang Melepas Peserta Lomba Sampan

oleh
oleh

SINTANG – Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Sintang ke-656 Tahun 2018, Sabtu, (05/05/2018) dilaksanakan Lomba Sampan Bidar di Sungai Kapuas.

Pada kegiatan Lomba Sampan Bidar yang disaksikan ribuan masyarakat Bupati Sintang Jarot Winarno, mengatakan lomba Sampan Bidar merupakan kegiatan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap peringatan hari jadi Kota Sintang.

“saya selalu menghadiri dan membuka kegiatan Lomba Sampan bidar ini dua tahun lalu Kabupaten Melawi berhasil menjadi juara, dan pada Tahun 2017 lalu Kabupaten Sekadau menjadi juara, sedangkan Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah belum berhasil menjadi juara.

Lanjut Jarot, lomba Sampan Bidar ini sebagai wujud melestarikan dan menjaga tradisi peradapan masyarakat di Sungai Kapuas, sehingga lomba sampan ini sangat penting, hadiahnnya sudah dipersipakan termasuk Tropi bergilir dan Piala Juara tetap serta uang tunai sebagai wujud pembinaan , serta sebgai hadiah yaitu sembako beras harus kita lestarikan dan kedepankan” kata Jarot.

kegiatan Lomba Sampan Bidar yang dilaksanakan ini dalam rangka peringatan hari Jadi Kota Sintang ke-656 dengan Thema “Sintang Untuk Semua” jadi Sintang ini rumah besar bagi seluruh elemen bangsa yang ada di Sintang untuk bisa hidup rukun dan damai saling hormat saling menjaga agar Sintang kedepan semakin maju, guna mendukung terbentuknya Propinsi Kapuas Raya”.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Lomba Sampan Bidar yang juga Sebagai Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Erwin Simanjuntak dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini selain untuk memeriahkan peringatan hari Jadi Kota Sintang , juga untuk memasyarakatkan Olah raga sampan bidar serta menjaring bibit altlit berbakat dalam Olah Raga Dayung untuk bahan pembinaan.

Erwin Simanjuntak juga menjelaskan, jumlah peserta Lomba sampan Bidar ini diikutu sebanyak 58 peserta, yang terdiri dari 21 peserta berasal dari Kabupaten Sintang, serta sebanyak 37 peserta dari Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau ”dalam satu regu sampan ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 orang sebagai peserta dan 2 orang cadangan dan para peserta lomba melintasi sepanjang 800 meter dengan start dimulai dari lintasan penyebrangan listrik di jalan Pengeran Kuning sampai Finis Siring sungai depan Pendopo Bupati Sintang”. (Eko/HMS)