Hari Terakhir Verifikasi Parpol, KPU Datangi 10 Parpol

MELAWI – Dihari terakhir verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) peserta pemilu di Melawi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melawi mendatangi 10 Partai Politik. Dimana pihak KPU didampingi Panwas kabupaten Melawi, dan juga sempat diikuti pihak Komisioner KPU Provinsi yakni, Kasiono.

Partai yang didatangi untuk dilakukan verivikasi tersebut yakni, PKPI, Golkar, PKB, PPP, PBB, Hanura, Gerindra, PDI, Nasdem, dan Partai Garuda. Proses verifikasi dimulai dari PKPI yang berada di Jalan Kota Baru kilometer 5, sejak pukul 08.00 WIB.

Komisioner KPU Provinsi, Kasiono yang sempat hadir memonitor jalannya verifikasi di Melawi mengatakan, pihaknya melakukan monitor verifikasi faktual Parpol di Melawi, untuk memastikan apakah verifikasi di kabupaten/kota seperti di Melawi tersebut, sudah berjalan dengan baik.

“Hari ini, hari terakhir, maka harus dituntaskan semua partai untuk di verifikasi pada hari ini. esok mungkin sudah penyerahan hasil verifikasi. Yang diverifikasi ini adalah KSB, keterwakilan perempuan dan kantor. Dari beberapa Parpol yang sudah kita veifikasi, tadi kita lihat untuk KSB sepertinya ada semua, kemudian untuk keterwakilan perempuan, ada yang tidak hadir, karena mungkin hal lain. Tapi itu masih bisa diperbaiki dan datang ke kantor untuk melengkapi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Melawi, Abang Tajudin, usai diverifikasi mengatakan, sesuai dengan amanah aturan yang ada sudah mengikuti tahapan pemilu 2019, yang mengharuskan semua Parpol diverifikasi di lapangan, memang sudah disiap pihaknya.

“Saya pikir partai Golkar Melawi tidak ada persoalan, karena sudah lama mempersiapkannya. Adapaun hari ini, semua data, dan faktayang diminta sudah kita hadirkan sebagaimana syarat yang ditentukan undang-undang. Saya berharap dengan kondisi yang ada ini, nanatinya kita bisa dinyatakan lolos,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tajudin mengatakan, sesuai dengan data yang ada, semua pengurus yang ada sudah hadir, verifikasi faktual yang lain kartu KTP dan kartu keanggotaan NIK sudah sama, begitu juga dengan keterwakilan perempuan sudah dihadirkan bahkan lebih.

“Kehadiran para kader ditingkatan kecamatan yang ada 11, yang harusnya kuta menghadirkan 5, tapi yang kita hadirkan 7. Saya pikir dari semua hal yang harus disiapkan sudah kami siapkan sesuai ketentuan. Jadi kami optimis dan yakin Partai kami lolos verifikasi,” ucapnya.

Terpisah, Ketua PKB Melawi, H Firdaus mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada KPU Melawi yang sudah melakukan verifikasi faktual. Menjurut pengalamannya selama beberapa tahun berkecimpun di parpol, baru tahun inilah tingkat ketelitial dilakukan sedetail mungkin, tidak seperti yang sudah-sudah.

“Kita berhara, kedepanya bisa diteruskan. Sehingga baik itu pengurus partainya serta keanggotaannya itu jelas,” paparnya.

Terkait verifikasi yang dilakukan terhadap partanya, Firdaus mengaatakan, bahwa sebenarnya sudah berjalan lancar dan siap. Namun sedikit terjadi miskomunikasi, untuk menghadiri teman-teman keterwakilan 30 persen perempuan.
“Karena dari LO kami itu taunya hanya cukup KSB saja. Maka yang kami hadirkan KSBnya saja, sementara keeterwakilan perempuannya tidak kami hadirkan semua. Kalau kami tau keterwakilan perempuan dihadirkan semua, maka akan kami hadirkan semua, tapi itulah tadi, miskomunikasi antara LO kami dengan KPU. Tapi nanti kami perbaiki lagi dengan datang ke KPU,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota panwas Kabupaten Melawi, Johani mengatakan, pihaknya hari ini mendampingi dan mengawasi verifikasi yang dilakukan KPU Melawi terhadap parpol. mengingat hari ini hari terakhiur, maka harus dituntaskan hari ini juga kepada 10 parpol itu.

“Sebelum 10 Parpol terakhir ini diverifikasi, pihak KPU juga sudah melakukan verfikasi 5 parpol, yakni PSI, Berkarya, PAN, PKS dan Demokrat. Jadi sisanya 10 Parpol yang harus tuntas hari ini juga,” pungkasnya. (Edi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.