Ilham: Koperasi Harus Mampu Jadi Pilar Perekonomian

MELAWI – Keberadaan koperasi menjadi salah satu solusi upaya mendorong perekonomian masyarakat dalam menghadapi persaingan ekonomi global. Dengan adanya kopereasi tersebut, tentu diharapkkan dapat meningkatkan daya saing masyarakat dalam dunia usaha.

Anggota DPRD Melawi, Nur Ilham mengatakan, untuk menyikapi ketatnya persaingan dalam dunia usaha, koperasi memang dituntut agar mampu menjadi pilar dalam perekonomian masyarakat. Karena itu, koperasi harus dikelola secara efektif dan efisien dengan SDM yang mempunyai kopetensi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha.

“Tetapi tetap mempertahankan prinsip-prinsip dan jati diri koperasi supaya sesuai dengan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya, Selasa (9/4).

Lebih lanjut Ia mengatakan, hal tersebut supaya koperasi yang sudah ada tetap berjalan dan terus berkembang, tentu diharapkan koperasi memiliki kredibilitas yang tinggi untuk anggotanya, karena koperasi dibangun dari, oleh dan untuk anggota menjadi sejahtera.

“Selain itu, peran dari pemerintah dalam pemberdayaan koperasi juga sangat diharapkan. Terutama mendorong peningkatan kualitas koperasi melalui pembinaan dan pengawasan serta penguatan modal koperasi,” ujarnya.

Ia menuturkan, khusus untuk diinternal koperasi, agar koperasi bisa tumbuh dan berkembang, serta bermanfaat bagi anggotanya, tentu Rapat Anggota Tahunan (RAT) harus digelar setiap tahunnya, dengan melibatkan pengurus dan anggota koperasi.

“Karena bagaimanapun tujuan dari koperasi didirikan bagaimana mensejehterakan anggotanya,” tuturnya.

Selain itu tambahnya, pengurus dan pengawas koperasi juga harus mempunyai komitmen dalam memajukan dan mengelola koperasi. Apalagi koperasi-koperasi plasma yang berada di perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Peran pengurus koperasi pelasma, selain sebagai perpanjangan tangan petani plasma yang secara otomatis menjadi anggota koperasi. Koperasi juga sebagai mitra perusahaan,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.