Inspektorat Sekadau Bekerjasama Dengan BPKP Provinsi Kalbar Adakan Bimtek

SEKADAU, kalimantan-news.com -H Rasihan, Kepala Inspektorat Kabupaten Sekadau, mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Kalbar melaksanakan bimbingan teknis penyusunan register resiko program atau kegiatan untuk seluruh Kepala SKPD.

Menurut Rasihan, Bimtek tersebut menjadi prioritas berdasarkan berbagai hal. Dari hasil pengamatan dan dokumen-dokumen hasil audit baik audit internal oleh inspektorat maupun audit eksternal oleh BPK maupun BPKP, ditemukan adanya kelemahan.

“Kelemahan itu adalah terhadap sistem pengendalian intern (SPI), yaitu kelemahan pengadministrasi serta kecenderungan terhadap adanya kerugian daerah,” jelasnya, Rabu (8/5/2019).

Oleh karna itu kata dia, langkah untuk mengantisipasi atau deteksi dini terhadap kesalahan administrasi maupun indikasi perbuatan atau tindakan koruptif dapat diketahui dari awal perencanaan.
Dan ini hanya dapat dilakukan dengan menyusun registrer resiko terhadap program dan kegiatan.

“Maka, setelah memperoleh pemahaman yang sama terhadap menajemen resiko, narasumber dari BPKP akan membimbing untuk menyusun register resiko masing-masing SKPD,” jelasnya. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.