Jalur Transportasi Darat di Serawai-Ambalau Minim

SINTANG – Anggota DPRD Kabupaten Sintang Alan meminta pemerintah daerah selalu fokus terhadap program nawacita Presiden Joko Widodo yaitu membangun pinggiran dan daerah terisolir.

Dikatakanya pemerintah daerah perlu membangun jalur transportasi yang layak yaitu jalur transportasi darat khususnya kecamatan Serawai dan Ambalau yang sampai saat ini masih bergantung pada jalur transportasi air.

“Kita berharap Pemkab Sintang Fokus dengan nawacita salah satu program Presiden Joko Widodo yaitu membangun pinggiran dan daerah terisolir, dan ini sangat tepat untuk Kecamatan Ambalau dan Serawai yang selama ini masih menggunakan jalur sungai”, kata Alam.

Lanjut Alan, permintaan tersebut juga sudah disampaikan melalui pandangan umum fraksinya. Dia berharap pembangunan infrastruktur dasar di daerah pinggiran ini menjadi fokus pemerintah daerah.

“karena itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat, dan kami harap pemerintah bisa mengakomodir usulan tersebut,” harapnya.

Wakil Bupati Sintang, Askiman menjawab usulan pembangunan jalur transportasi darat kecamatan serawai dan ambalau. Askiman mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memperbaiki kondisi transportasi ke Serawai dan Ambalau untuk membuka keterisolasian wilayah pedalaman.

Pada tahun 2017 telah dilaksanakan kegiatan pembangunan jalan Serawai – Baras Nabun (serawai), pembangunan jalan Kemangai – Puruk Beribit (melawi hulu), pembangunan Jalan Kesange – Buntut Sabon (Ambalau Hulu) serta pembangunan jalan Riam Sabon – Desa Menakon – Desa Ukai – Desa Menantak (Ambalau Hulu),” papar Askiman.

Kemudian lanjut Askiman, pada tahun 2018 juga di lanjutkan dengan pembangunan jalan serawai – rantau malam (serawai), pembangunan jalan Puruk Beribit – Sake (Melawi Hulu). Selain itu ruas jalan Kabupaten yaitu Jalan Serawai – Ambalau mulai tahun 2015 sampai sekarang terus ditangani secara bertahap.
“Ke depan kita akan lanjutkan pembangunan ruas jalan secara bertahap sehingga keterisolasian daerah semakin dapat kita minimalisir,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.