Jarot: Negara Bekerja Harus Dilandasi Dengan Semangat Pancasila

SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, yang di pusatkan di lapangan Sepakbola depan Kodim 1205 Sintang, Senin (1/10/2018).

Inspektur Upacara Komandan Korem 121/ABW, Brigjen.TNI Bambang Ismawan, hadir juga Kapolres Sintang, Dandim 1205 Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, jajaran pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Dalam amanatnya, Komandan Korem 121/ABW, Brigjen.TNI Bambang Ismawan mengatakan bahwa peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 ini memiliki makna untuk meneguhkan semangat bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ruh yang menggerakan cita-cita luhur bangsa.

“Sesuai dengan tema kali ini yaitu Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa maka dipandang bahwa ingin mengunggah rasa kesadaran kita bahwa tidak ada jalan lain untuk mencapai cita-cita luhur bangsa kecuali kita mencetak prestasi bangsa dengan bekerja semaksimal mungkin, bergotong royong dan bersinergi yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila”, kata Danrem.

Menurut Danrem masih dalam amanatnya mengatakan bahwa perlu dan harus mampu dapat meresapi dari pesan-pesan tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tahun 2018 yang mampu harus mampu menghadapi berbagai masalah di era globalisasi.

“Tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini terus meningkat dan semakin kompleks, era globalisasi telah membawa ancaman bagi ideologi Pancasila, tentunya kita bumikan nilai Pancasila sehingga menjadi faktual, kita hubungkan anara Norma Pancasila dengan fakta dilapangan, kita korelasikan janji Pancasila dengan bukti di kehidupan sehari-hari Bangsa”, tambahnya.

Dengan penuh kesadaran mari kita terus berupaya sekuat tenaga untuk membentuk dan menciptakan kesaktian pancasila sebagai ideologi bangsa.

Kesaktian pancasila tidak bisa kita tunggu, apalagi sebatas menjadi mimpi bangsa, kita harus bekerja dan berupaya mewujudkannya sehingga pancasila itu benar-benar faktual untuk bangsa”, pesan Danrem.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno memaknai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tahun 2018 kali ini bahwa bangsa Negara bekerja harus dilandasi dengan semangat Pancasila.

“Jadi sesuai dengan tema tahun ini yaitu Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa maka kita kerja, kerja dan bekerja tapi bekerja kita itu harus yang dilandasi dengan semangat Pancasila”, kata Jarot.

Jarot menambahkan bahwa tujuan tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 kali ini untuk menerapkan sila kelima dengan kehidupan sehari-hari.

“Itulah kita, saat ini mencari korelasi yang faktual antara nilai-nilai Pancasila dengan kegiatan sehari-hari, jadi yang perlu kita tunjukkan itu tentu kerja, kerja, kerja, dengan demikian penerapan sila Kelima dalam Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia akan terasa begitu dapat maknanya”, tambahnya.  (Dcy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.