Jawaban Eksekutif Tentang PU Fraksi-fraksi DPRD Terhadap RAPBD 2019

SEKADAU – DPRD Kabupaten Sekadau Rapat Paripurna ke-4 masa sidang ke-1 dengan agenda mendengarkan jawaban dan penjelasan Eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda tentang APBD tahun anggaran 2019. Rapat digelar diruang rapat utama DPRD Kabupaten Sekadau, Rabu (21 /11 /18)

Sidang Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus dan dihadiri oleh 17 Anggota DPRD Kabupaten Sekadau.

Penyampaian jawaban atau penjelasan Eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap RAPBD 2019 disampaikan oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si.

Wakil Bupati Sekadau Aloysius berterimakasih atas pemandangan umum yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD baik berupa pertanyaan, saran dan masukan yang pada hakekatnya merupakan suatu proses dalam rangka menjadikan RAPBD 2019 menjadi lebih baik dan lebih terfokus dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan di Kabupaten Sekadau.

Memperhatikan hal tersebut diatas, Wakil Bupati Aloysius menyampaikan beberapa hal yakni;

1. Pemerintah daerah sependapat bahwa dalam menyusun RAPBD tahun anggaran 2019 harus memperhatikan pelaksanaan urusan wajib dan urusan pilihan berpedoman pada rencana kerja pemerintah daerah tahun anggaran 2019, prioritas anggaran dan kebijakan umum, dan prioritas plapon anggaran tahun 2019.

2. Dalam penyusunan APBD tahun ini kita dihadapkan pada kondisi penurunan alokasi dana transfer yang berdampak pula pada penuhnya penyesuaian alokasi belanja namun tetap berada dalam koridor program dan kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam RKPD.

3. Terkait penurunan pendapatan pada RAPBD tahun anggaran 2019 apabila dibandingkan dengan tahun 2018 berasal dari dana transfer dari pemerintah pusat antara lain, dana alokasi khusus dan dana insentif daerah yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat dalam penentuan besaran alokasi ke daerah.

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Sekadau H Zakaria, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau dan para undangan. (AS/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.