Jelang Arus Mudik, Polres Melawi Gelar FGD Kamseltibcarlantas

MELAWI – Guna mewujudkan tertib berlalu-lintas dan terciptanya keamanan dan keselamatansaat berkendara menjelang arus mudik, Sat Binmas dan Sat Lantas Polres Melawi menggelar Focus Group Discussion (FGD), Senin (27/5) di Ruang Pertemuan Desa Tiong Keranjik Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi.

Kegiatan itu dihadiri juga oleh Kapolsek Belimbing Iptu Hariyanto, Camat Belimbing Hulu dan Kepala Desa Tiong Keranjik beserta Masyarakat Desa Tiong Keranjik Kecamatan Belimbing Hulu berjumlah 50 Orang. SementarapematerinyaAiptu Suyono selaku Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Melawi dan Fahrul Edwin selaku Pegawai Jasa Raharja Kabupaten Melawi.

Kasat Binmas AKP TP. Marbun mengatakan kegiatan digelar guna mewujudkan terciptanya Keamanan, Keselamatana, Ketertiban dan KelancaranLaluLintas (Kamseltibcarlantas) di Wilayah Hukum Polres Melawi.

“Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kami ajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas dijalan raya guna mewujudkan kamseltibcarlantas dan dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif dalam mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H tahun 2019 yang aman di Wilayah Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Sementara itu Kanit Dikyasa Aiptu Suyono selaku narasumber, memaparkan tentang pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada dijalan raya dan harus mengerti dalam menggunakan alat pemberi isyarat lalu lintas saat hendak berbelok ataupun memutar balik kenderaan, dan fungsi alat lainnya terkait dengan ketertiban berlalu lintas guna untuk keselamatan bersama.

“Beberapa fungsi alat pemberi isyarat lalu lintas, jenis alat pemberi isyarat lampu lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas perintah, larangan dan peringatan, petunjuk, penempatan rambu-rambu lalu lintas, serta terkait marka jalan,” paparnya.

Dikesempatan yang sama, Fahrul Edwin Pegawai Jasa Raharja Kabupaten Melawi menyampaikan tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan lalu lintas jalan serta mekanisme proses pelayanan Jasa Raharja Kabupaten Melawi. Dengan harapan masyarakat mengerti hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik kenderaan bermotor, kelengkapan berkendara yang harus dipakai untuk menjaga keselamatan serta kasus-kasus yang tidak terjamin Jasa Raharja.

“Saya berpesan kepada para peserta FGD apabila melihat atau mendengar kejadian kecelakaan agar melaporkan segera kepada Kepolisian yaitu Sat Lantas Polres Melawi dan Jasa Raharja, supaya korban mendapatkan penanganan serta pemberian santunan dapat segera diterima oleh korban atau ahliwaris,” pesannya. (ED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.