Jelang Pemilu Serentak Linmas Desa Poring Gelar Latihan

MELAWI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentah tahun 2019, berbagai upaya dilakukan pihak kepolisian untuk meminimalisir dan antisipasi terjadinya konflik. Salah satunya melatih para anggota perlindungan Masyarakat (Linmas), untuk melakukan pengamanan yang baik ddalam pelaksanaan Pemilu.

Seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Poring, Brigadir Jerico Lumban Gaol bersama Briptu Chistoper Chorolus. Keduanya melatih anggota Linmas Desa poring untuk melakukan pengamanan. Tujuannya untuk menciptakan situasi yang kondusif pada saat Pemilu 2019 serta menyingkapi gangguan kamtibmas yang makin marak ahir-ahir ini.

Disamping pelatihan kedisiplinan dan menjaga Kamtibmas, anggota Linmas juga dibekali ketrampilan mengatasi masalah di desa, juga mendapatkan pelatihan bela diri guna mempersiapkan pengamanan TPS pemilu 2019 mendatang. Sehingga jika ada insiden tak terduga diseputar TPS, maka Linmas secara sigap mampu bertindak yang terukur, meski saat kejadian tidak ada Polisi.

“Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan dasar kedisiplinan dengan memberikan materi PBB, pelatihan beladiri mengunakan tongkat serta sistem pengamanan lingkungan atau siskamling. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan Linmas di desa agar dapat membantu tugas-tugas Kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Linmas juga dipersiapkan untuk mengamankan jalannya Pileg dan Pilpres 2019,” kata Brigadir Jerico Lumban Gaol, Rabu (17/10).

Lebih lanjut ia mengatakan, selain itu, pelatihan yang dibrikan kepada Linmas juga diharapkan dapat melakukan deteksi dini. Seperti antisipasi serta memberikan informasi kepada pihak Polri apabila ada mengetahui tindak kejahatan dan keberadaan pelaku-pelaku kejahatan.

“Bukan berarti melatih mereka membuat kami tidak bekrja. Kami tetap menjalankan tugas di wilayah kami masing-masing. Namun jika kami sedang tidak ada di tempat, Linmas yang sudah dilatih dari bisa mengambil langkah deteksi sedini mungkin,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.