Jelang UN, Dewan Minta Murid Persiapkan Diri

SINTANG – Ujian Nasional (UN) tidak lama lagi akan dihadapi siswa-siswi dari berbagai tingakatan, mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat diseluruh Indonesia, termasuk dari Kabupaten Sintang.

Dari itu, Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih meminta, baik pemerintah, dalam hal ini dinas terkait, pihak sekolah dan murid yang bersangkutan sudah mempersiapkan diri dengan baik.

“Persiapan bila dilakukan secara instan, tentu tidak akan mendapatkan hasil akhir yang makimal. Maka dari itu siapkan sejak jauh hari,” imbau Tuah, Selasa (19/3/2019).

Tentu kata Tuah, peran keluarga terutama orang tua juga sangat dibutuhkan. Bagaimana memperhatikan anaknya agar dapat mengurani jam bermain dan tekankan mereka bahwa UN sangat penting untuk dipersiapkan dengan matang.

“Tambah jam belajar mereka. Lakukan juga kontrol terhadap pergaulan mereka sehari-hari. Jangan biarkan mereka banyak bermain di luar. Fokuskan untuk menghadapi ujian,” harap Tuah.

Sementara untuk sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Memang kata Tuah belum semuanya menerapkan itu. Namun sudah ada beberapa sekolah yang mengaplikasikannya. Dari itu ia meminta agar Pemerintah Daerah Sintang dapat menyurati PLN, untuk tidak melakukan pemadaman selama ujian berlangsung.

“Begitu juga dengan jaringan internet. Jangan sampai vendor-vendor atau jasa telekomunikasi, dapat memakimalkan pelayanannya. Sehingga jaringan internet tidak terganggu pada waktu ujian berlangsung,” jelasnya.

Karena kata Tuah, keberhasilan anak-anak dalam ujian nanti, merupakan tanggung jawab bersama. Maka dari itu, ia mengajak semua element untuk dapat menyukseskan keberlangsungan ujian tersebut.

“Buat siswa-siswi yang akan mengikuti ujian. Persiapkanlah diri sebaik mungkin.
Belajar dengan baik dan harus menjaga kesehatan. Jgn sampai stres, hadapi dengan santai tapi serius dan jangan lupa berdoa. Selamat berjuang semoga berhasil dan hasil yang didapat memuaskan,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.