Jumlah CJH Semakin Tahun Semkain Bertambah

MELAWI – Daftar tunggu untuk menaunaikan ibadah haji di Kabupaten Melawi hingga 2028. Hal tersebut dikarenakan setiap tahunnya jumlah warga yang mendaftar sebagai Calon Jamaah haji (CJH) selalu bertambah.

“Hingga saat ini masa tunggu CLH hingga 10 tahun mendatang. Dimana jumlah warga yang terdaftar dalam masa tunggu tersebut sudah mencapai kurang lebih 1000 lebih,” kata Kepala Kemenag Melawi, H. Abdulbar saat ditemui di Pendopo rumah jabatan Bupati Melawi beberapa hari lalu.

Banyaknya peminat masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji, sehingga daftar tunggu keberangkatan jamaah haji juga akan semakin lama,hal itu juga disebab kan karena kuota yang disediakan pemerintah pusat tidak mengalami penambahan yang signifikan.

Lebih lanjut Abdulbar mengatakan, ada beberapa hal yang membuat antrean semakin lama, mulai dari faktor tingginya kesadaran masyarakat melakukan ibadah haji, hingga pengurangan kuota haji akibat belum selesainya renovasi kompleks Masjidil Haram.

“Mudah-mudahan kalau pembangunan di Mekkah sudah selesai, kemungkinan besar kuota haji Indonesia akan bertambah, termasuk di Kabupaten Melawi, sehingga daftar tunggu tidak terlalu panjang lagi seperti sekarang,” ujarnya.

Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Muhamad Desi Asiska menegaskan, Kuota jamaah haji Melawi beberapa tahun belakangan ini hanya berjumlah 101 orang lebih saja. Dimana jumlah tersebut juga diiringi dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang mendaftarkan diri setiap tahun berjumlah kurang lebih 300-400 orang.

“Kita berharap adanya penambahan kuota haji kedepannya. Sebab sangat kasian sekali masyarakat yang menunggu hingga 10 tahun kedepan. Jika ada penambahan, maka dapat mengurangi lamanya waktu antrean untuk menunaikan ibadah haji,” pungkasnya.(Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.