Kades Diminta Awasi Proyek APBD Yang Masuk Desa

oleh
Bupati Melawi, Panji

Melawi (kalimantan-news.com) – Proyek pembangunan di Kabupaten Melawi cukup banyak, bahkan hingga di desa-desa. Untuk perlu adanya pengawasan bersama oleh semua pihak, terlebih oleh pemerintah desa yang memiliki wilayah. Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi, Panji belum lama ini.

Ia meminta semua kegiatan proyek yang dilakukan Pemerintah Daerah di desa, supaya diketahui Kepala Desa. Hal tersebut agar setiap proyek Pemerintah Daerah yang masuk ke desa mesti dilaporkan OPD ke Pemerintah Desa setempat, sehingga pihak desa juga memiliki data proyek yang masuk

Menurut Panji, Kepala Desa selaku ujung tombak pembangunan, justru memiliki informasi yang paling aktual terkait dengan progres pelaksanaan proyek pembangunan, jika proyek itu ada masuk ke desa. Maka dari itu Ia berharap, seluruh Kepala Desa turut membantu pemerintah melakukan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan proyek di desa mereka masing-masing.

“Kepala Desa harus mengetahui informasi dan menghimpun perkembangan desa. Antara lain, Kepala Desa harus tahu proyek apa saja yang masuk ke desanya, siapa kontraktornya dan pantau pelaksanaannya,” ungkapnya.

Ia menekankan, jika Kepala Desa menemukan adanya indikasi penyimpangan ataupun kesalahan dalam pelaksanaan proyek yang dilakukan rekanan, diminta segera melaporkan hal tersebut ke Bupati atau disampaikan melalui Camat setempat.“Kalau merasa ada proyek yang menyimpang, laporkan agar bisa saya tegur rekanannya dan proyek bisa diselesaikan tepat waktu,” tegasnya. (Irawan)