Kades Se Nanga Pinoh Sepakat Dukung Program Padat Karya

MELAWI-Camat Nanga Pinoh, Daniel, meminta seluruh kepala desa di wilayahnya, agar memprioritaskan pembangunan padat karya tunai sesuai dengan sosialisasi kementrian yang dilaksanaman di aula pendopo bupati beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan penegasan dan evaluasi APBDes di kantor camat Nanga Pinoh pada kemarin, yang diikuti Kepala desa dan aparatur desa se-Kecamatan Nanga Pinoh.

Menurut Daniel, sebagai pejabat tertinggi di desa harus memberikan dukungan atas setiap kebijakan yang diharapkan pemerintah supaya pembangunan bisa berjalan dengan baik. “Maka dari itu kegiatan penegasan dan evaluasi APBDes ini menjadi sangat perlu diadakan agar ada kesepahaman antara pemerintah dan aparatur desa,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kabid Pemberdayaan Pemerintah Desa DPMD Melawi, Tri Wahyu mengungkapkan, belakangan ini pengelolaan ABPBdes memang belum berjalan maksimal.  Kedepan diharapkan tidak adalagi masalah yang ditemukan.

“Saya baru beberapa bulan menjabat di pemberdayaan desa sudah diperiksa polisi. Kedepan jangan sampai adalagi. Jadi kegiatan ini bukan untuk mencari siapa yang salah dan benar namun agar kedepan lebih baik” katanya.

Selain itu kegiatan ini juga untuk sosialisasi perubahan regulasi dari kementrian terkait dengan pengelolaan dana desa. Terkait dengan PMK nomor 50 dan beberapa regulasi lain yang berhubungan dengan kegiatan lain.

Sosialiasi sempat berjalan cukup alot. Mereka menilai beban desa saat ini cukup berat karena banyak kegiatan dibebankan dengan dana desa sementara anggaran turun. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama setelah ada penjelasan.

Setelah itu para kades atau perangkat desa menandatangi komitmen bersama kepala desa dalam rangka mendukung pelaksanaan program padat karya tunai. Dilanjutkan dengan camat yang membubuhkan tanda tangan. (edi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.