Kampanyekan MRSF, KPA, PPI, Pramuka dan Sat Lantas Polres Melawi Jelajah Bukit Matuk

MELAWI – Menjalani hobby semua akan merasa asyik. Peluang tersebutlah dimanfaatkan Satuan Lalu Lintas (Sat lantas) Polres Melawi dalam mengkampanyekan Millennial Road Safety Festival (MRSF). Para Kelompok Pecinta Alam (KPA) di Melawi bersama ratusan anggota Pramuka serta anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) diajak Berpetualangan mendaki bukit Matok di Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing, Minggu sore (24/2).

Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana menerangkan ratusan, generasi melenial terdiri dari anggota Pramuka yang merupakan peserta Millenial Scout Camp di SMA Negeri 1 Belimbing, Pencinta Alam yang ada di Melawi serta anggota PPI. Di bukit matuk tersebut sat Lantas bersama generasi melenial melakukan Hiking Matok Hill menjelajah alam bukit matok yang asri serta mengibarkan bendera merah putih disana.

“Kegiatan memanjat Bukit Matok atau Hiking Matok Hill menjadi bagian kita mengajak generasi muda, khususnya generasi Millenial semakin mencintai lingkungan dan alam sekaligus cinta tertib lalu lintas,” kata Aang.

Lebih lanjut Ia mengatakan kampanye MRSF yang menyasar para generasi millenial agar cinta dan tertib lalu lintas memang harus menarik para generasi muda, salah satunya melalui pendakian bukit. Mendaki bukit, membuat fisik semakin sehat dan tentu juga ikut menyegarkan pikiran.

“Selain mengajak untuk mencintai alam dan lingkungan. Kami juga menanamkan pemahaman pada generasi Millenial ini tentang arti pentingnya keselamatan berkendara. Lagipula ini bisa jadi ajang untuk memperkenalkan potensi pariwisata di Melawi,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, Pramuka dan KPA saling berbagai ilmu dan pengetahun, seperti anggota KPA yang mengajarkan bagaimana cara dan teknik melakukan panjat tebing. Usai pendakian, juga digelar aksi tanam pohon bersama bersama Pramuka dan Kelompok Pencinta Alam.

Aang pun menyebutkan, kampanye MRSF selama dua bulan terakhir sudah mulai berdampak pada generasi millenial. Dari jumlah angka kecelakaan menurun. “Anak anak muda juga sekarang lebih care soal keselamatan berkendara, dan juga ikut mengkampanyekan cinta lalu lintas,” katanya.

Terpisah, Ifan Wahyudi, selaku ketua Kelompok Pecinta Alam Ulu Aik (Kepuak) Melawi menyambut baik program-program yang dilaksanakan Sat Lantas Polres Melawi. Program yang menyasar para generasi meleenial agar taat aturan berlalu lintas tersebut dianggap tidaklah kaku. Karena dalam melakukan kampanye itu berbagai carayang positif dilakukan, termasuk melaksanakan Hiking Matok Hill menjelajah alam bukit matok yang asri serta melakukan penanaman pohon bersama.

“Artinya selain mengkampanyekan program MRSF tersebut agar generasi melenial paham aturan dan tatatertib lalulintas, juga memberikan manfaat pada lingkungan. Kami sebagai anggota KPA sangat menyukai hal itu,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Ogut tersebut berharap, kegiatan menjelajah alam sembari melakukan penanaman pohon bersama seperti ini tidak hanya pada saat mengkampanyekan program MRSF saja. Namun pada kesempatan serta program lainnya juga bisa dilakukan. “Dengan begitu, pada generasi melenial juga bisa menciptakan dan menanamkan generasi melenial yang mencintai lingkungan dan alam sekitar,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.