Kapendam: Permildas Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Prajurit

KUBU RAYA, KN – Dalam rangka menyatukan persepsi pelaksanaan Peraturan Militer Dasar (Permildas) khususnya Peraturan Baris Berbaris (PBB), Ratusan prajurit Kodam XII Tanjungpura mengikuti latihan Permildas dan PBB yang dilaksanakan oleh Tim Waslakgiat Permildas Tahun 2019 dari Kodiklatad di jajaran Kodam XII Tanjungpura.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Bekangdam XII Tanjungpura, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (26/8/19).

Tim Permildas di pimpin Pabanpermildas Sdirdok Kodiklatad Kolonel Inf Abdul Rahman Said beserta rombongan melaksanakan latihan Permildas bagi prajurit Kodam XII Tanjungpura. Dengan melakukan Uji petik Permildas, praktek materi Permildas TNI serta diskusi dan tanya jawab tentang materi Permildas TNI.

Secara terpisah, Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., di kantor Pendam XII Tanjungpura mengatakan, kegiatan latihan Permildas ini merupakan salah satu cara untuk membentuk disiplin prajurit, karena dalam Permildas dapat kita lihat gerakan perorangan maupun kelompok yang dapat menunjukkan sikap perasaan taat dan patuh terhadap aturan yang harus dilakukan dan menjadi tanggungjawabnya.

“Permildas merupakan pedoman dasar dan peraturan-peraturan yang harus diketahui dan dimengerti oleh setiap prajurit untuk ditaati dan dijadikan sebagai pedoman dalam tata krama atau etika di lingkungan TNI khususnya TNI AD,” ujar Kapendam.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan latihan ini bertepatan dengan minggu Militer yang merupakan program TNI AD, dilaksanakan setiap bulan pada minggu ke IV, untuk menyegarkan dan mengingatkan kembali berbagai materi pengetahuan dan kemampuan dasar kemiliteran baik secara teori maupun praktek seperti Permildas, Kesegaran dan Ketangkasan Jasmani Prajurit maupun taktik dan tehnik Dasar Tempur.

“Kita mengingat kembali Permildas yang telah didapat sewaktu pendidikan dasar dan lanjutan serta saat pertama kali menjadi anggota TNI. Semua ilmu yang telah kita dapatkan akan lupa apabila tidak di pelajari dan dilatihkan kembali,” pungkas Kapendam. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.