Kapolda Kalbar Lakukan Pemancangan Tiang Pembangunan Mapolresta Pontianak

PONTIANAK – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono SH, MH, melakukan acara tepung tawar pemancangan tiang pertama pembangunan gedung Mapolresta Pontianak Kota, Rabu (10/10/2018).Sementara lokasi bangunan tersebut berada di Jalan Johan Idrus No.1 Kecamatan Pontianak Selatan.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Wakapolda Kalbar Brigadir Jenderal Polisi Dra. Sri Handayani, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto, Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan sejumlah tamu undangan lainya.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, menjelaskan gedung baru Mapolresta Pontianak Kota akan dibangun 3 lantai di lahan seluas 2.016 meter persegi, sementara luas bangunan 14 x 48 meter persegi.

“Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 9 Milliar lebih. Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemerintah Kota Pontianak,” kata Kapolda.

Lanjut Kapolda, pembangunan gedung baru Mapolresta ini akan di kerjakan dengan dua tahap, tahap pertama 2018 dianggarakan sebesar Rp 4,9 Miliar sementara untuk tahap kedua diperkirakan 5 miliar pada tahun 2019 nanti.

Kondisi gedung Polresta Pontianak Kota saat ini sudah tidak memadai dan sangat sempit, gedung yang ada sudah tak dapat menampung untuk penambahan ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen, arsip dan sebagainya. Sementara bentuk bangunan ini nanti akan mengadopsi gaya bangunan minimalis bermotif kedaerahan dan menyesuaikan dengan budaya Kalimantan Barat.

Ditambahkan Kapolda, ditahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat banyak Berkah,beberapa gedung dibangun seperti gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang,” kata Irjen Pol Drs Didi Haryono.

“Ini semua tidak datang tiba-tiba tetapi ini berangkat dari kinerja kita, kerja keras kita yang mampu mengelola kamtibmas, Pilkada aman 6 daerah, pesta Pasparawi dan menanggulangi Karhutla. Seluruh jajaran sudah melaksanakan dengan baik dalam bingkai Polda Kalbar Berkibar dengan program 100 hari jilid ke-3 yang baru selesai” terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Cipta Karya mempercayakan pengerjaan proyek ini kepada PT. Sinar Jaya Pelita. Dalam kesempatan tersebut, projek manajer PT Sinar Cahaya Pelita, H Endang memastikan proyek akan berjalan lancar dan tepat waktu, estimasi waktu pengerjaan selama 90 hari Kalender dan diperkirakan selesai sekitar bulan Januari 2019 untuk tahap I, kata Endang. (Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.