Ketua Apkasindo Kesalkan Masuknya Buah Sawit Dari Luar Kabupaten Sekadau

SEKADAU – Ketua Apkasindo Kabupaten Sekadau sekaligus tokoh maayarakat belitang, Samuel, S. Pd kesalkan PT. Parna Agromas membeli buah sawit dari luar Kabupaten Sekadau.

“Yakni dari petani non mitra dan membeli buah dari pihak ketiga (kontraktor) dari luar Kabupaten Sekadau dengan harga yang lebih murah dari yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Samuel Jum’at (13/7/18).

Ia katakan, dengan masuknya buah sawit dari luar aktivitas keluar masuk warga tiga kecamatan belitang di ponton terganggu karna banyaknya truk pengangkut buah dari luar.

Selain itu jalan dipasar Sungai ayak sangat sempit sehingga tidak layak dilalui oleh kendaraan berat dan padat karna mengancam keselamatan warga yang beraktivitas dipasar terutama anak-anak.

“Apabila dibiarkan maka sangat merugikan masyarakat di tiga kecamatan belitang karna jalan rusak apalagi muatan yang berlebihan yang mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu akibat jalan rusak,” ucap politisi Partai berlambang pohon beringin ini.

Perihal PT. Parna Agromas membeli buah dari luar kabupaten bertentangan dengan Pergub nomor 86 tahun 2015 ayat satu berbunyi, perusahaan dilarang membeli buah dari non mitra.

Ayat 2 berbunyi, pembelian buah harus dilakukan secara langsung melalui kelembagaan petani KUD atau ketua kelompok dan tidak boleh membeli buah dari pihak ketiga (kontraktor/pengepul). (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.