Kodim 1013 dan Pemda Bersinergi Dalam Sukseskan Golden Period

BARITO UTARA, KN – Komandan Kodim 1013/Muara Teweh yang diwakili Kapten Inf Praptomo bersama Pemkab Barito Utara melaksanakan kegiatan pendampingan Optimalisasi “GOLDEN PERIOD” kepada Ibu hamil, menyusui dan Anak Usia di bawah tiga tahun di Aula Kantor Kelurahan Jambu, Kec. Teweh Baru, Kab. Barito Utara sebanyak 250 orang, Kamis (11/7/19).

Dalam sambutan Komandan Kodim 1013/Mtw, Letnan Kolonel Inf Yusan Riawan, S.I.P., yang di wakili Kapten Inf Praptomo mengatakan, pemenuhan gizi yang optimal selama masa 1000 hari pertumbuhan memiliki peranan penting. Periode 1000 hari pertama sering disebut periode emas (Golden Period) yaitu, masa sejak anak dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun, pada periode ini terjadi pertumbuhan otak sangat pesat. Sehingga mendukung seluruh proses pertumbuhan yang sempurna.

Lanjutnya, jika kurang gizi maka anak tidak cerdas, karena pertumbuhan otak terhambat, jasmani terhambat sehingga anak berpotensi menjadi pendek (stunting) menjadi lemah dan mudah sakit. Kepedulian terhadap perkembangan anak dalam masa Golden Period sangat penting. Hal ini, bukan saja merupakan tanggung jawab utama orang tua tetapi, semua elemen bangsa,” katanya

“Golden Period juga, merupakan wujud pengamalan 8 Wajib TNI pada butir ke-8 yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Harapan kita semua dan Stakeholder bersama-sama mengatasi pertumbuhan anak sejak bayi agar tumbuh dengan sehat, berkualitas dan cerdas. Pendampingan ini dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan dengan sasaran Ibu hamil, menyusui dan anak kurang dari tiga tahun dari keluarga yang terbatas secara ekonominya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan susu secara simbolis kepada masyarakat oleh Dandim 1013 Muara Teweh yang diwakili Kapten Inf Praptomo, Kabag Pemerintahan, Kadis Kesehatan, Camat Teweh Baru dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Dim 1013/Mtw. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.