Komisi C Mengapresiasi Adanya Target UNBK 2019 Seratus Persen

SINTANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan penyelenggaraan Ujian Nasional pada 2019 sudah 100 persen berbasis komputer (UNBK) di semua jenjang, yakni SMA, SMK, dan SMP sederajat.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida mengapresiasi adanya target dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Kami sangat mengapresiasi adanya target tersebut namun pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga harus melihat kondisi di daerah apakah UNBK tersebut dapat dilaksanakan,” ujarnya ketika dihubungi via telepon selular, Kamis (12/4).

Dalam hal ini, Herimaturida meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tidak hanya memberikan target namun juga memberikan solusi sehingga hal tersebut dapat terwujud.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI harus mengetahui kondisi daerah seperti Kabupaten Sintang. Kemudian carikan solusi sehingga bisa UNBK bisa dilakukan. Ini perlu, jangan hanya menentukan target tanpa memberikan solusi,” ucapnya.

Kepala Bidang Pembinaan Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Ernawati mengungkapkan pihaknya tak dapat menjanjikan 100 persen pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs di Kabupaten Sintang.

“Untuk 100 persen tentu sangat sulit, mengingat sarana dan prasana yang menunjang pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sintang masih sangat minim dan juga jarak yang tidak memungkinkan untuk melakukan UNBK. Akan tetapi, tahun 2019 kita akan mengusahakan 100 persen sekolah di Ibukota Kecamatan dapat mengikuti UNBK,” tukasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.