Komisi C Menyayangkan Adanya Gangguan Internet Yang Dialami Oleh SMA N I Ketungau Hulu Saat UNBK

SINTANG – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di sejumlah sekolah di Kabupaten Sintang berjalan dengan lancar pada hari pertama.

Namun, khusus di SMA Negeri 1 Ketungau Hulu harus terlambat memulai UNBK akibat bermasalah dengan jaringan internet. Pelaksanaan UNBK yang harusnya dimulai pukul 07.30 Wib harus diundur dan baru dimulai pada pukul 13.00 Wib.

Sekektaris Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus membenarkan hal tersebut. Diakuinya memang beberapa sekolah di Sintang mengalami ganguan internet.

“Iya tadi kami dapat laporan bahwa di SMA N I Ketungau Hulu mengalami ganguan internet,”kata Yustinus dikantornya, Senin (9/4).

Yustinus memastikan walaupun pelaksanaan terlambat dilakukan, namun dipastikan gangguan internet tidak ada masalah pada hari pertama.

“Sekarang sudah mulai normal untuk jaringan, mudah-mudahan pelaksanaan keesekoan harinya tidak ada kendala lagi,” harapnya.

Dengan adanya kendala jaringan internet tersebut, Yustinus menghimbau kepada sekolah-sekolah untuk dapat melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan supaya kendala yang dialami bisa diantisipasi sedini mungkin.

“Kita harapkan supaya sekolah-sekolah secepatnya melapor ke kita supaya ketika ada kendala di sekolah kita juga bisa membantu paling tidak melakukan koordinasi dengan pihak terkait,”jelasnya.

Ketua Komisi C DPRD Sintang Herimaturida menyayangkan adanya gangguan internet yang dialami oleh SMA N I Ketungau Hulu tersebut. Menurutnya hal ini tidak terjadi apabila panitia pelaksana sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala di beberapa sekolah.

“Seharusnya masalah tidak terjadi kalau saja ada persiapan yang matang yang dilakukan oleh pihak terkait, kalau sudah begini kan kasian konsentrasi para siswa,”kata Herimaturida.

Kedepan lanjut Herimaturida Disdik untuk meningkatkan sarana penunjang seperti komputer yang dibutuhkan pelajar, termasuk jaringan internet dan listrik sehingga UNBK yang dilaksanakan berjalan dengan baik.

“Disdik harus bisa menjamin pelaksanaan UNBK di Sintang berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan apa pun,”bebernya.

Dia juga menyatakan bahwa peran PLN dan PT Telkom dalam pelaksanaan UNBK cukup besar.

Untuk itu, PLN yang ada di setiap kecamatan juga diminta untuk tidak melakukan pemadaman listrik secara tiba-tiba. Apalagi, pemadaman tersebut terjadi pada saat pelaksanaan UNBK.

“Jadi butuh jaminan dari pihak PLN dan PT Telkom supaya pada saat pelaksanaan UNBK tidak ada masalah kedepannya,” tukasnya. (Okt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.