Komitmen Menuju Kabupaten Sekadau Layak Anak

SEKADAU – Wahana Visi Indonesia (WVI) Proyek yang didanai oleh Uni Eropa bersama Koalisisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau (KOMPAS) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau adakan Festival Implementasi Kabupaten Sekadau Layak Anak (KSLA) di Aula lantai 2 Kantor Bupati Sekadau, Rabu (5/12/18).

Sambutan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang disampaikan oleh, Elsa Setianingsih menuturkan,
Menurut menteri PPPA, untuk Kabupaten kota yang tergolong Kabupaten Layak Anak adalah Kabupaten kota yang mempunyai sistem mengenai hak anak masyarakat dan dunia usaha.

Ia menambahkan, pemenuhan hak anak bukan hanya tugas Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan saja melainkan tanggungjawab kita bersama.

“Dengan otonomi Desa yg makin kuat maka tumbuh kembang, pemenuhan gizi dan hak anak-anak merupakan prioritas,” ucapnya.

Pemenuhan hak anak lanjutnya, merupakan tanggung jawab kita semua. Dinas Sosial PPPA hanya mengkoordinir. Kabupaten Sekadau Layak Anak bukan hanya jargon saja tapi benar-benar dilaksanakan.

Selanjutnya sambutan Bupati Sekadau diwakili Asisten II, Paulus Yohanes sekaligus membuka acara mengapresiasi kegiatan Festival Implementasi yang diadakan oleh WVI dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Kepada para Pemerintah Desa dan Kecamatan yang hadir saat ini kata dia, angka Stunting diwilayah kita masih sebesar 31,42 persen untuk angka Kabupaten dan 41,1 persen untuk Provinsi ditahun 2017. Dana Desa yang semakin besar dari tahun ke tahun sudah seharusnya meningkatkan derajat kesehatan anak dan masyarakat.

“Jangan sampai masih ditemukan ada kasus gizi buruk diwilayah kita,” ucapnya.

Ia melanjutkan, Kabupaten Sekadau yang “Maju Mandiri dan Berdaya Saing” tidak akan terjadi bila yang dibangun hanya infrastruktur saja tanpa disertai kualitas sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan, gizi dan sanitasi, akte kelahiran, pengasuhan orang tua dan pencegahan pernikahan usia dini anak.

“Selain itu, aspek pemberdayaan masyarakat juga terus didorong oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” tuturnya.

Hadir dalam acara ini, Kepala BAPEDA Litbang, Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Camat, Kepala Puskesmas, Kades dan Ketua BPD. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.