Kondisi Zakiarta Semakin Membaik

Kondisi Zakiarta saat ini Mata yang sebelumnya membesar akibat tumor kini sudah tidak lagi setelah menjalani beberapa kali kemoterapi

Melawi (Kalimantan-News) Zakiarta (4) bocah penderita tumor mata sebelah kiri kini kondisinya semakin membaik setelah menjalani beberapa kali proses pengobatan kemoterapi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Hingga kini Zakiarta didampingi kedua orangtuanya dan seorang perawat masih berada di Jakarta untuk menjalani proses pengobatan selanjutnya.

Fitriyani, selaku ibu dari Zakiarta saat menghubungi via whatsaap, Selasa (8/10) mengatakan. Berkat bantuan dan doa dari masyarakat Melawi, khususnya yang ikut membantu, akhirnya penyakit yang diderita anaknya semakin membaik. Kondisi mata sebelah kiri yang sebelumnya membengkak hingga besar buah jambu. Kini sudah hilang, hanya menyisakan bercak putih di bagian kelopak matanya.

“Alhamdulillah, kondisi Zaki semakin membaik. Tumor dimata ya yang sempat membesar sudah tak lagi kelihatan, hanya kelopak mata yang masih terlihat putih. Matanya sudah tidak bisa melihat, dan rencananya setelah tahapan kemoterapi selesai dan memastikan sel tumornya mati, maka akan dilakukan operasi untuk mengangkat matanya, sehingga nantinya mata Zaki tidak ada sebelah,” katanya.

Lebih lanjut Fitri mengatakan, Zakiarta sudah menjalani tahapan kemoterapi sebanyak 3 kali. Menurut keterangan dokter yang menanganinya, proses kemoterapi akan dilakukan hingga 4 tahap, dan selanjutnya akan dilakukan operasi pengangkatan. “Kemoterapi yang dijalani Zaki menggunakan suntikan melalui infus. Satu tahap kemoterapi dilakukan penyuntikan obat hingga 2 kali,” jelasnya.

Biasanya dalam menjalani proses kemoterapi, pasien akan mengalami mual dan muntah-mjntah hingga hilang nafsu makan. Namun hal itu tidak terjadi pada Zaki. Meskipun menjalani proses kemoterapi, Ia tetap seperti Biasanya, baik bermain maupun makan. Namun efek kemoterapi tersebut rambut Zaki gugur hingga kondisinya botak.

“Fisiknya kuat, sehingga tidak muntah dan nafsu makannya tidak menurun. Alhamdulillah Allah melancarkan proses yang sudah dilaluinya. Kami juga berdoa dan berharap kondisi fisik Zaki tetap kuat seperti biasanya, dan proses hingga pengobatan ya selesai berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan,” harapnya.

Terpisah, Zainul selaku Kakek Zakiarta, berharap proses pengobatan Zakiarta yang sudah berjalan kurang lebih 4 bulan belakangan ini membuahkan hasil hingga penyakit Zaki benar-benar sembuh total, diangkat segala penyakitnya. “Kami selaku keluarga sangat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang sudah membantu. Baik membantu melakukan penggalangan dana maupun yang sudah mendoakan kesembuhannya,” ungkapnya mengakhiri. (Irawa/KN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.