Koramil Balai Riam Gelar Simulasi Karhutla

SUKAMARA – Dalam rangka menghadapi musim kemarau, Koramil 1014-10/Balai Riam bersama Polsek dan komponen masyarakat lainnya, menggelar latihan dan simulasi Penaganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (7/5/19).

Simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Unsur terkait di Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana.

Di tempat terpisah Dandim 1014/Pbn Letkol Inf Muchammad Roni Sulaeman, S.E., mengatakan, simulasi ini sebagai bentuk latihan untuk menghadapi karhutla dengan berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Pemkab , POLRI dan Pihak Swasta serta Desa Siaga lainnya. Sehingga apabila terjadi karhutla dapat ditangani dengan sigap dan cepat.

Ditambahkan, bencana tidak dapat dihentikan, akan tetapi dapat dilakukan upaya-upaya berupa penanggulangan dan antisipasi. Persiapan dini di dalam menghadapi peristiwa yang telah terjadi, maka dari itu perlunya program pelatihan sebagai dasar mempersiapkan diri untuk menghadapinya

“Tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan juga merupakan antisipasi dini terjadinya bencana,” ucap Dandim.

“Latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan simulasi pelaksanaan hubungan antara Komando dan Staf terhadap, sub satgas yang berada di Kodim-Kodim serta pengerahan kekuatan Korem 102/Pjg dan jajarannya dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah guna penanggulangan akibat bencana alam,” ujar Dandim mengakhiri. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.