Kuota Terpenuhi, PPDB SMA N 1 Nanga Pinoh Berjalan Lancar

MELAWI – Darmadiansyah selaku ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 SMAN 1 Nanga Pinoh, mengatakan bahwa kuota penerimaan siswa baru sudah terpenuhi. Pada PPDB tersebut semuanya berjalan lancar. Bahkan hari ini sudah dimulai pendafatarn ulang peserta didik.

“Jumlah peserta didik baru yang diterima SMAN 1 Nanga Pinoh mencapai 283 peserta, dari 357 peserta yang mendaftar. Peserta didik tersebut melalui jalur zonasi.Alhamdulillah, berjalan dengan lancar sesuai dengan arahan dan juknis yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar,” ungkapnya, Senin (1/7/19) di tempat kerjanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peserta didik baru, pihaknya membagi dengan 8 rombongan belajar, dengan pilihan dua penjurusan, yakni jurusan MIPA dan IPS. “Artinya, selama PPDB dan daftar ulang ini kita tidak boleh lepas dari aturan dan perintah dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar,” jelasnya.

aturan PPDB tahun ini jauh berbeda dengan yang lama. Karena pada satu tahun lalu, calon siswa mendaftar sendiri baru diferivikasi oleh sekolah, setelah itu barulah keluar berkas pendaftaran.

“Namun pada tahun ini, calon peserta didik itu harus datang ke sekolah dan lansung mendaftar bersama operator sekolah, namun tetap secara online. Jika dulu mandiri, tapi sekarang bersama operator sekolah,” jelasnya.

Sementara terkait persyaratannya, yang jelas dengan sistim zonasi haruslah dengan Kartu Keluarga (KK) yang asli, karena itulah patokannya. Selain jalur zonasi, persyaaratan lainnya ada jalur prestasi dan juga perpindahan orang tua dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“KK itu harus satu tahun berjalan sebelumnya, dibuktikan dengan KK yang lama. Bukan KK yang baru ddibuat ditahun ini. Sistim zonasi itu perhitungannya jaraknya, 10 per kilometer di kali 100. Itulah pembagiannya, namun nanti sistim yang mengukur melalui google map. Itulah aturan sesuai Juknis yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat,” terangnya.

untuk sistimm PPDB online di Nanga Pinoh hanya SMA Negeri 1 Nanga Pinoh, SMA Negeri 2 Nanga Pinoh dan SMK Negeri 1 Nanga Pinoh.

“Untuk di SMA Negeri 1 Nanga Pinoh kuotanya kurang lebih berjumlah 283. Jumlah tersebut adalah hitungan maksimal, karena satu rombongan belajar hanya 36 orang, dan disini rombongan belajarnya ada sebanyak 8 kelas. Untuk sistim yang sekarang ini, belum ada ditemukan kendalan,” pngkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.