Lima Desa Diusulkan Jadi Desa Mandiri

MELAWI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah mengusulkan 5 nama desa untuk dijadikan dema mandiri. Desa-desa tersebut diantaranya yakni Desa Beloyang Kecaatan Belimbing Hulu, desa Batu Nanta, Belongsat Kecamatan Belimbing, Tanjung Niaga kecamatan Nanga Pinoh dan Desa Lingkar Indah Kecamatan Sayan.
“Lima desa yang diusulkan tersebut merupakan desa berkembang yang memenuhi sejumlah indikator, baik dari segi infrastruktur jalannya, serta dari segi PAD. Desa yang diajukan menjadi desa mandiri tersebut juga memiliki BUMDes,” kata kepalaBPMD Melawi, Junaidi, ditemui wartawan belum lama ini.
Desa-desa yang diusulkan menjadi desa mandiri juga harus mempersiapkan diri dari berbegai hal agar desa mandiri tersebut bisa terwujud. pembangunan desa mandiri bukanlah perkara mudah atau asal tunjuk tetapi melalui beberapa mekanisme dan tahapan yang harus dilakukan pihaknya.
Setidaknya ada 4 indikator untuk menjadi desa mandiri, yakni dari indikator kemampuan masyarakat, potensi penerimaan desa, sistem pemerintahan desa dan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan oleh masing-masing desa selama ini.
“Semuanya harus terpenuhi. Kemudian baru kita berikan nilai. Mana yang paling tinggi, Desa itu yang berhak dijadikan pilot project desa mandiri,” katanya.
Di Indonesia teerdapat 5000 desa yang akan dijadikan desa mandiri, untuk di kabupaten/kota kuotanya sebanyak 5 desa. Nah, desa yang saat ini kita usulkan menunjukkan kriteria pembangunan terbaik. Sehingga untuk menentukan siapa yang berhak mendapat nilai tertinggi bukan perkara mudah. Pemerintah harus bekerja keras.
“Jika disetujui, nanti SK nya akan dikeeluarkan oleh menteeri desa. Menjadi desa mandiri bukan berarti meninggalkan dana desa seperti desa lainnya, namundisupport dengan dana-dana lain agar desa mandiri itu bisa bertahan,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.