Melawi menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat

MELAWI – Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1439 H Polres Melawi menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2018. Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, serta dihadiri oleh Bupati Melawi Panji, beserta berbagai instansi pemerintah Kabupaten Melawi, Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) dan Perwira Polres Melawi, kemarin.
Bertindak sebagai Inspektur apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2018 Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin. Dalam apel tersebut Ia mengatakan, Operasi pengamanan Idul Fitri 1439 H tersebut berlangsung selama 18 hari, dari tanggal 7 – 24 juni 2018.

“Rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Ramadniya pada tahun 2017. Disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di tahun 2018. Sehingga pada pelaksanaan operasi tahun ini, setidaknya terdapat berbagai potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama,” ujarnya.

Dalam operasi tersebut, katanya, Potensi kerawanan pertama adalah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Pada tahun 2017 secara umum stabilitas harga pangan dapat terjaga dan tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.

“Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), maupun Satgas Pangan Polri,” ucapnya.

Pada tahun ini, jelasnya potensi permasalahan masih berkisar pada masalah distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel / mafia pangan, maupun perilaku negatif pelaku usaha yang menaikkan harga di atas harga yang ditetapkan.

“Potensi kerawanan kedua adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik. Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama dan langkah proaktif dari seluruh stakeholders terkait guna mengatasi hal ini,” katanya.

Dalam operasi ini Polres Melawi menurunkan personil pengamanan gabungan, yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda Kabupaten Melawi, serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat Kabupaten Melawi. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.