Melkianus, Harap Putra Perbatasan Diutamakan Kalau Memenuhi Syarat Jadi TNI

oleh
oleh
Melkianus

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus turut berbangga, karena saat ini putra-putra perbatasan yang ada di wilayah Kabupaten Sintang sudah mulai banyak yang menjadi TNI AD.

“Saya ucapkan terimakasih kepada TNI yang sudah beberapa kali merekrut putra-putra perbatasan yang layak untuk menjadi TNI,” ujar melkianus saat ditemui di Kantor DPRD setempat, kemarin.

Ia berharap, ke depan lebih banyak lagi putra daerah yang menjadi TNI, seperti yang disampaikan Bupati Jarot saat malam ramah tamah dengan Pangdam XII/Tanjug Pura, di Pendopo Bupati Sintang beberapa waktu lalu.

“Kita berharap, kalau putra-putra perbatasan kita layak dari sisi kesehatan dan lainnya untuk menjadi TNI, bisa diutamakan dalam perekrutan,” ujarnya dewan Dapil perbatasan ini.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kata Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini, putra perbatasan yang nanti direkrut jadi TNI akan ditempatkan di perbatasan, maka mereka akan lebih betah dan nyaman dan mudah bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

“Jadi harapakan kami dari DPRD, setiap penerimaan utamakan putra dari perbatsan, tentu yang memenuhi syarat juga,” terangnya.

Disinggung SDM pemuda perbatasan, Melkianus mengatakan, bahwa saat ini untuk SDM itu baru mulai siap, karena memang selama ini, di daerah perbatasan jarang ada yang mau masuk jadi anggota TNI.

“Tapi puji tuhan sekarang sudah mulai juga disosialisasikan, dan sudah banyak yang masuk, sehingga ini menjadi motivasi bagi yang lainnya. Artinya kita semua punya hak yang sama, tetapi tetap kita harapkan lebih diutamakan putra perbatasan,” pungkasnya.

Sebagaiamana diberitakan sebelumnya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengucapkan terima kasih, karena Pangdam XII/Tpr telah menerima putra-putra dari perbatasan Sintang untuk menjadi anggota TNI.

Ke depan Jarot berharap, agar lebih banyak lagi putra-putra di Kabupaten Sintang yang dapat menjadi anggota TNI, khususnya putra pedalaman dan perbatasan.

“Jika secara jasmani dan rohani memenuhi syarat, putra-putra kami yang jauh di pedalaman dan berbatasan bisa diterima lebih ramai lagi,” harap Jarot.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, bahwa dalam rangka meningkatkan peran TNI di perbatasan, tentunya ke depan TNI juga akan banyak mencari prajurit-prajurit yang berasal dari perbatasan.

“Untuk tahun ini cukup mengembirakan, kita Kodam XII/Tpr diberi kewenangan untuk merekrut 137 orang pemuda di Kabupaten Sintang. Ini suatu kesempatan yang jarang dan langkah,” ujarnya.

Oleh karena itu, tentunya kata Pangdam perlu bantuan dan dukungan dari berbagai pihak di Kabupaten Sintang, dalam rangka mendorong pemuda-pemuda Sintang, untuk ikut bergabung atau mengabdi sebagai seorang prajurit TNI.

“Kita harapkan dapat bibit yang terbaik, khususnya untuk pemuda-pemuda dari perbatasan, terpencil dan terisolir yang berada di Kabupaten Sintang ini,” pungkanya. (*)