Melkianus: Kehadiran Investasi di Wilayah Perbatasan Diharapkan Bisa Membuka Akses Jalan

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus menyambut baik investasi perkebunan di Bumi Senentang. Ia berharap, kehadiran investasi benar-benar mensejahterakan masyarakat.

“Selaku perwakilan di DPRD tentu sangat berharap kehadiran perusahaan atau investasi sesuai dengan visi misi untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Melkianus.

Pernyataan politisi Golkar ini merespon dimulainya operasional PT Palma Agro Lestari Jaya (PALJ) di Desa Swadaya Kecamatan Ketungau Tengah yang ditandai dengan tanam perdana oleh Bupati Sintang Jarot Winarno.

Kehadiran perusahaan, sambung Melkianus, juga bisa membantu membuka akses ke dusun atau desa yang masih terisolir. “Yang paling penting, masyarakat setempat ketika memiliki masalah dengan perusahaan agar bisa diselesaikan dengan cara damai,” katanya.

Selain itu, ketika perusahaan memiliki masalah dengan masyarakat di sekitar areal investasi, tidak langsung membawa masalahnya ke ranah hukum.

“Mohon, masalahnya diselesaikan dengan kekeluargaan juga. Jangan sedikit-sedikit langsung lapor polisi. Megigat, ketika investor masuk bersikap manis,” ucapnya.

Khusus untuk rekrutmen tenaga kerja, kata politisi asal perbatasan ini, perusahaan hendaknya memberikan sesuai degan kompetensi masyarakat setempat.

“Lapangan kerja tentu sesuai dengan kemampuan dan skill masyarakat itu sendiri. Masyarakat harus berdaya dengan hadirnya perusahaan. Apa yang bisa mereka kerjakan, tolong diakomodir,” pintanya.

“Jangan sampai membawa pekerja dari luar daerah ketika masyarakat setempat memiliki kemampuan untuk melakuka pekerjaan itu. Kecuali, mereka tidak memiliki kemampuan sesuai degan kebutuhan perusahaan,” pungkasnya. (AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.