Menekan Peredaran Narkoba, Dewan Harapkan Semua Lapisan Masyarakat Ikut Terlibat

SINTANG – Anggota DPRD Sintang, Welbertus menganggap narkoba diibaratkan fenomena gunung es, hanya sedikit saja yang nampak muncul ke permukaan, namun di dalamnya terdapat sebuah gunung yang besar.

Memang hal tersebut bukanlah ucapan semata, walaupunpun seringanya terungkap kasus barang haram ini, namun tetap saja masih banyak, baik penguna maupun pengedar yang hingga saat ini belum diketahui keberadaannya dan masih bebas bergerak di tengah-tengah masyarakat.

Mensi begitu kata Welberteus, pihaknya mengapresiasi dan mengacungkan jempol untuk pihak kepolisian, khususnya Kepolisian Resor (Polres) Sintang, atas keberhasilannya dalam mengungkap kasus narkoba di Bumi Senentang ini.

“Secara tidak langsung dengan kasus yang sudah terungkap, polisi sudah menyelamatkan generasi anak bangsa. Tentu kita berikan apresiasi kepada Polres Sintang dan jajarannya, karena berhasil menekan dan memperkecil ruang gerak bandar narkoba untuk tidak main-main memasarkan narkoba di Bumi Senentang,” terangnya.

Welbertus pun berharap, kalau bisa tidak hanya pengedar saja, tapi bos besarnya juga dapat ditangkap. Sebab dinilainya penyebaran narkoba ini sudah tidak perorangan lagi, tetapi terorganisir dengan baik.

Untuk mengungkapkan lebih banyak lagi, kata Welbertus, kata kuncinya harus ada koordinasi dan komunikasi antar petugas atau aparat penegak hukum. Semua elemen diharapkan bisa membantu kepolisian apalagi ini negara kita sudah dianggap darurat narkoba. Sehingga bukan hanya tanggungjawab penegak hukum.

“Tentunya masyarakat juga harus aktif dan berpartisipasi menyampaikan informasi adanya indikasi peredaran narkoba. Kalau bisa laporkan segera ke pihak kepolisian terdekat, agar dapat ditindaklanjuti,” jelasnya.

Menurut Welbertus, dalam menekan peredaran narkoba di Bumi Senentang, tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawabnya pihak kepolisian saja. Perlu peran tokoh masyarakat, tokoh agama hingga pemuda.

“Penyadaran hukum tidak bisa sendiri tetapi harus komprehensif. Apalagi kalau sampai masuk ke desa, aparat dan pemerintah desa harus berperan aktif terlebih tingkat RT dan RW, agar peredaran narkoba ini dapat ditekan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.