Menkumham RI Buka Pertemuan Raya I Kaum Bapak Gereja Evangelis Kalimantan

SINTANG – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH mendampingi Menteri Humum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M.,MH membuka Pertemuan Raya I Kaum Bapak Gereja Kalimantan Evangelis Se-Indonesia di Gereja GKE Petra Sintang, Sabtu (27/10/2018).

“Saya berharap para peserta ini akan menjadi kaum bapak yang layak di hadapan Tuhan,” kata Yasonna. “kalau bapak-bapak sudah betul-betul mengikuti ajaran Tuhan, maka keluarga akan tentram, gereja dan negara akan semakin damai,” tambahnya. “jadi para bapak ini, haruslah menjadi perintis melalui sikap teladan di dalam keluarga, masyarakat dan Negara,” kata pria berkacamata itu lagi.

Yasonna juga mengingatkan bahwa para bapak harus memelihara lingkungan hidup. Beliau mengajak untuk semakin banyak menanam pohon.

“menjaga alam semua itu kita lakukan agar alam tidak jadi ancaman bagi kita, ini perlu kita perhatikan oleh kaum bapak termasuk buang sampah pada tempatnya,” kata Yasonna lagi.

Yasonna juga mengingatkan bahwa jemaat GKE haruslah bijak dalam menyikapi tahun politik di Indonesia saat ini. Ia juga berpesan agar jemaat yang beragam ini tetap menjaga hubungan baik dengan pihak pemerintah daerah.

“kontestasi politik merupakan hal lumrah, mandat konstitusi kita, jadi mari kita lakukan secara beretika dan beradab,” pesan Yasonna. “kita jadikan kebhinekaan sebagai kekuatan, mari kita berlomba-lomba berbuat kebaikan melalui pelayanan di keluarga, di gereja, di masyarakat dan Negara,” menutup sambutannya.

Senada dengan Menkumham, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, MM., MH menghimbau jemaat untuk merawat perbedaan yang ada. Beliau juga mengajak semua masyarakat Sintang untuk memajukan daerah.

“semoga gereja ini, tempat pertemuan yang membawa keberkahan bagi umat kristiani di Sintang,” kata Ria Norsan mengawali sambutannya pagi itu.

“kita orang Indonesia, memang beragam, jadi mari kita jadikan perbedaan-perbedaan ini sebagai perekat untuk persatuan dan kesatuan Republik Indonesia,” kata Ria Norsan lagi. “kuncinya kita harus saling hormat-menghormati satu sama lain dan kita akan hidup dalam damai sejahtera,” katanya lagi.

“kedatangan RI-25 ini akan jadi cambuk untuk kita memajukan daerah kita ini,” pungkas Ria Norsan.

Kegiatan ini mengusung tema, ‘Allah mengangkat Kita dari Samudera Raya’ dengan sub tema, ‘Kaum Bapak GKE Bertumbuh dalam Tuhan, sehingga ikut memajukan Bangsa, memelihara lingkungan hidup dan menjadi imam untuk menuntun keluarga hidup sebagai saksi Kristus’.

Sebagai simbolisasi dibukanya kegiatan ini, Yasonna melakukan pemukulan gong dan penyematan tanda pengenal kepada perwakilan peserta.

“Pertemuan kaum bapak ini sungguh luar biasa,” kata dr. Jarot pada wawancara usai acara. “Ini yang pertama, dan skalanya Nasional, Sintang patut berbangga hati menjadi tuan rumah. Bayangkan acara ini dihadiri dari berbagai perwakilan resort, dua bupati dari kabupaten di provinsi tetangga, dibuka oleh bapak Menkumham. Ini sangat luar biasalah,” tambahnya lagi.

“Mudah-mudahan pertemuan ini bisa bermanfaat buat khususnya kaum bapak GKE juga buat masyarakat Sintang,” harap orang nomor satu di Sintang itu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Murung Raya, Drs. Perdie, M.A dan Bupati Gunung Mas, Drs. Arton S. Dohong dari Provinsi Kalimantan Tengah. Tampak pula, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si serta sejumlah pejabat OPD di lingkungan Kabupaten Sintang. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.