Meriahkan PGD Ke VIII, 16 Peserta Ikuti Lomba Melukis Perisai

SINTANG, KN – Menggali bakat seni melukis motif dayak di kabupaten Sintang, Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang menggelar Lomba melukis perisai pada Pekan Gawai Dayak ke-VIII kabupaten Sintang, di Indoor Apang Semangai Sintang, Rabu (10/07/2019).

Koordinator Lomba Melukis Perisai Gawai Dayak ke-VIII kabupaten Sintang Marsianus mengatakan, Lomba melukis perisai bertujuan untuk mencari bakat-bakat dari DAD kecamatan maupun umum yang tersebar di kabupaten Sintang dalam kemampuan melukis perisai, karena perisai merupakan salah satu bentuk kebudayaan masyarakat dayak yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

“Lomba perisai pada Pekan gawai dayak ke VIII tahun 2019 diikuti 16 peserta yakni 15 peserta putra dan 1 peserta putri dan ada beberapa kriteria penilaian pada lomba melukis perisai yakni artistik, kreatifitas, tingkat kesulitan, tradisionalitas, kerapian/kebersihan dan komposisi warna,” Katanya.

Marsianus berharap kebudayaan dayak khususnya bidang melukis perisai semakin berkembang serta semakin banyak generasi dayak yang melestarikannya.

Sementara itu, salah satu peserta lomba melukis perisai Maria Februanti Giana menyapaikan cukup senang karena dapat ikut serta memeriah pekan gawai dayak ke VIII khususnya lomba melukis perisai.

“Saya bangga karena sebagai perempuan satu-satunya yang mengikuti lomba melukis perisa, sebelumnya saya pernah mengikuti lomba melukis perisai pada pekan gawai dayak ke 6 dan saya gagal , saya mencoba lagi pada pekan gawai dayak ke VIII ini dan mudah-mudahan saya bisa jadi pemenang lomba,” Jelas Maria.

Maria berharap untuk kedepannya anak muda khususnya kaum perempuan untuk ikut serta memeriahkan pekan gawai dayak serta menunjukan bakat karena perempuan juga memiliki banyak bakat dan kemampuan.

Pemenang lomba melukis perisai juara I, II dan III akan mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.